Sabtu, 20 Oktober 2012

Rangkuman Bab 2


Bab 2
System informasi untuk keunggulan kompetitif
Model system umum perusahaan akan dapat menjadi contoh pola yang baik untuk menganalisis sebuah organisasi. Model ini akan menyoroti unsure-unsur yang seharusnya ada dan bagaimana unsur-unsur tersebut seharusnya berinteraksi. Dalam hal yang sama, model delapan unsur lingkungan sebuah perusahaan dapat menjadi suatu cara yang  aik untuk memahami kompleksitas dari bagaimana perusahaan akan berinteraksi dengan lingkungannya. Integrasi antara model system umum dan model delapan unsur lingkungan akan menjadi dasar dari suatu konsep yang menerima banyak perhatian dewasa ini-manajemen rantai pasokan (supply chain manajemen).
Pandangan secara luas atas keunggulan kompetitif menyadari adanya organisasi-organisasi yang bersaing dengan perusahaan sekaligus juga professional yang dan staf dinegar-negara yang bersaing memperebutkan pekerjaan dengan karyawan perusahaan.
Keunggulan yang substansial akan diperoleh perusahaan yang mencapai koordinasi melalui keunggulan sumber daya informasi. Perusahaan multi nasional menghadapi tantangan-tantangan yang signifikan dalam bentuk pembatasan-pembatasan yang dikenakan oleh politik, kendala budaya dan komunikasi, masalah teknologi, dan kurangnya dukungan dari manager-manager bawahan. Tugas manajement pengetahuan (knowledge managemen) akan terus menerus berubah. Perusahaan telah mempergunakan computer sejak tahun 1950-an, dan sejak saat itu pula format data serta teknik-teambarkan model system knik penyimpanan telah mengalami banyak perubahan. Namun, data disistem warisan hanya menyimpan teks dan angka, namun gambar saat ini juga merupakan bagian yang penting dari system informasi. Manajemn pengetahuan menyadari bahwa informasi akan mencerminkan sumber daya pengetahuan perusahaan. Managemen pengetahuan dibutuhkan untuk mengorganisasikan, mengakses dan mengungkit data dan informasi perusahaan dan pengambilan keputusan.



PERUSAHAAN DAN LINGKUNGANNYA
Perusahaan adalah suatu sisten fisik yang dikelola melalui penggunaan sebuah system virtual. System fisik perusahaan merupakan suatu system terbuka dimana ia berhadapan dengan linkungannya. Seuah perusahaan mengambil sumber daya dari lingkungannya, mengubah sumber daya tersebut menjadi produk dan jasa, dan mengembalikan sumber daya yang telah diubah kembali ke lingkungan.

SUATU PERUSAHAAN MODEL SISTEM UMUM
Aliran sumber daya fisik berbeda dibagian bawah ; aliran sumber daya virtual berada dibagian atas. Bagan ini menggambarkan model system perusahaan ; model ini menampilkan arsitektur bagi seluruh jenis organisasi dalam bentuk sebuah system.

ALIRAN SUMBER DAYA FISIK
Sumber daya fisik sebuah perusahaan meliputi pegawai, bahan baku, mesin, dan uang. Pegawai dipekerjakan oleh perusahaan, diubah ketingkat keahlian yang lebih tinggi melalui pelatihan dan pengalaman, dan pada akhir meninggalkan perusahaan. Bahan baku memasuki perusahaan dalam bentuk input mentah dan diubah menjadi barang jadi, yang kemudian dijual kepada para pelanggan perusahaan. Mesin dibeli, digunakan, dan pada akhirnya dijual dalam bentuk besi tua atau ditukar dengan mesin yang lebih baru. Uang memasuki perusahaan dalam bentuk penerimaan penjualan, infestasi pemegang saham, dan pinjaman lalu diubah menjadi pembayaran kepada pemasok, pajak kepada pemerintah, dan pengambilan kepada pemegang saham. Ketika berada didalam perusahaan, sumber daya fisik dipergunakan untuk menghasilkan produk dan jasa yang dijual oleh perusahaan kepada para pelanggannya.

ALIRAN SUMBER DAYA VIRTUAL
Aliran dua-arah , data dan informasi yang menghubungkan perusahaan dengan lingkungannya ditunjukan dibagian sebelah kanan.

MEKANISME PENGENDALIAN PERUSAHAAN
Unsur-unsur yang memungkinkan perusahaan mengendalikan operasi sendiri meliputi standar kinerja yang harus dipenuhi oleh perusahaan jika ia ingin mencapai tujuannya secara keseluruhan , manajemen perusahaan, dan suatu pemroses onformasi yang mengubah data menjadi informasi.

LINGKARAN UMPAN BALIK
Lingkaran umpan balik (feedback loop) terdiri atas sumber-sumber daya virtual. Data dikumpulkan dari perusahaan dan dari lingkungan lalu dimasukan kedalam pemroses informasi, yang mengubahnya menjadi informasi. Informasi ini kemudian diberikan kepada para manajer, yang melakukan pengambilan keputusan yang akan mempengaruhi perubahan-perubahan yang dibutuhkan pada system fisik.
Manajemen akan dipandu dalam pengambilan keputusannya oleh standar-standar kinerja perusahaan. Standar kinerja ini juga dapat dipergunakan oleh pemroses informasi untuk mengetahui apabila perusahaan tidak memberikan kinerja sesuai dengan yang diharapkan.

Perusahaan didalam lingkungannya
Model system umum sebuah perusahaan membuat kita dapat dengan lebih mudah melihat arti penting lingkungan bagi kesuksesan sebuah perusahaan. Sebuah perusahaan tercipta atas dasar tujuan untuk memberikan produk dan jasa yang memenuhi kebutuhan lingkungannya. Sama pentingnya, sebuah perusahaan akan dapat berfungsi tanpa sumber daya yang diberikan oleh lingkungannya.
Lingkungan dapat bervariasi dari sau peusahaan lainnya. Sebuah bank memiliki lingkungan berbeda dari sebuah took alat-alat olahraga atau sebuah gereja. Unsur-unsur lingkungan ini adalah organisasi dan individu yang berada diluar perusahaan dan memiliki pengaruh langsung maupun tidak langsung atas perusahaan.
Pemasok (supplier) atau yang disebut juga vendor, memasok bahan aku, mesin, jasa, orang, dan infomasi yang dignakan oleh perusahaan untuk menghasilkan produk dan jasanya. Produk dan jasa ini dipasarkan kepada pelanggan (customer) perusahaan. Serikat pekerja (labor union) adalah organisasi dari para pekerja terampil maupun tidak terampil berbagai jenis bidang usaha dan industry. Omunitas keuangan (financial community) terdiri atas institusi-institusi seperti bank dan istitusi pemberi pinjaman lainnya yang mempengaruhi sumber daya keuangan yang tersedia bagi perusahaan. Pemegang saham dan pemilik (stockholders and owners)  adalah orang-orang menginvestasikan uang kedalam perusahaan mereka adalah pemilik perusahaan yang sebenarnya. Pesaing (competitor) mencakup semua organisasi yang bersaing dengan perusahaan di dalam pasar. Pemerintah (government), baik itu ditingkat nasional, provinsi, maupun local, akan memberikan pembatasan dalam bentuk peraturan dan perundang-undangan dan juga memberikan bantuan dalam bentuk pembelian, informasi, dan dana. Komunitas global (global community) adalah wilayah geografis dimana perusahaan menjalankan oprasinya. Perusahaan menunjukan tanggung jawabnya kepada masyarakat global dengan menghargai lingkungan hidup, memberikan produk dan jasa yang memberikan kontribusi kepada mutu kehidupan, dan melakukan oprasinya secara etis.

Aliran sumber daya lingkungan
Perusahaan terselubung dengan unsur-unsur lingkungannya melalui aliran sumber daya lingkungan (environmental resource flows) . beberapa sumber daya mengalir lebih sering daripada sumber daya yang lain. Aliran-aliran yang umumnya terjadi meliputi aliran informasi dari pelanggan, aliran bahan baku dari pemasok.
Tidak semua aliran sumber daya terjadi diantara perusahaan dan seluruh unsur lingkungannya. Sebagai contoh, mesin biasanya tidak mengalir dari perusahaan kepada pemegang saham, dan uang seharusnya tidak mengalir kepada pesaing. Satu-satunya sumber daya yang menghubungkan perusahaan dengan seluruh unsur adalah informasi dan perusahaan berusaha untuk menjadikan hubungan informasi dengan pesaing sebagai suatu aliran satu arah.



Mengelola aliran sumber daya fisik-manajemen rantai pasokan (supply chain management)
Jalur yang menfasilitasi aliran sumber daya fisik dari pemasok kepada perusahaan dan selanjutnya kepada pelanggan disebut sebagai rantai pasokan (supply chain).
Aliran sumber daya melalui rantai pasokan harus dikelola untuk memastikan bahwa aliran tersebut terjadi dengan cara yang tepat waktu dan efisien; proses ini disebut sebagai manajemen rantai pasokan (supply chain management).

Manajemen rantai pasokan terdiri atas aktivitas-aktivitas berikut ini :
·        Meramalkan permintaan pelanggan
·        Membuat jadwal produksi
·        Menyiapkan jaringan transportasi
·        Memesan persediaan pengganti dari para pemasok
·        Menerima persedian dari pemasok
·        Mengelola persedian-bahan mentah, barang dalam proses, dan barang jadi
·        Melakukan produksi
·        Melakukan transportasi sumber daya kepada pelanggan
·        Melacak aliran sumber daya dari pemasok, di dalam perusahaan, dan kepada pelanggan.

System elektronik
Seiring dengan mengalirnya sumber daya melalui rantai pasokan maka mereka akan dapat dilacak secara elektronis, langkah demi langkah. Seiring dengan bergeraknya sumber daya melalui rantai pasokan, setiap tindakan akan dicatat. Kemampuan untuk melacak aliran sumber daya seiring dengan terjadinya, akan memberikan kontrubusi pada manajemen rantai pasokan.



Manajemen rantai pasokan dan system perencanaan sumber daya usaha
Manajemen rantai pasokan hanya salah satu aspek dari system perencanaan sumber daya perusahaan, namun memainkan peranan yang sangat penting dalam operasi.

Keunggulan kompetitif
Seiring dengan perusahaan memenuhi kebutuhan produk dan jasa pelanggannya, perusahaan tersebut akan berusaha untuk mendapatkan keunggulan diatas para pesaingnya.
Keunggulan kompetitif adalah mengacu pada penggunaan informasi untuk mendapatkan pengungkitan (leverage) didalam pasar.

Rantai  nilai porter
Perusahaan menciptakan nilai dengan melakukan apa yyang disebut oleh porter sebagai aktivitas nilai (value activities). Aktivitas nilai terdiri atas dua jenis: utama dan pendukung. Aktivitas nilai utama  ditunjukan pada lapisan bagian bawah dan meliputi logistic input yang mendapatkan bahan baku an persedian dari pemasok, oprasi perusahaan yang mengubah bahan baku menjadi barang jadi, logistic output yang memindahkan barang kepada pelanggan.

Dimensi-dimensi keunggulan kompetitif
Keunggulan kompetitif dapat direalisasikan dalam hal mendapatkan keunggulan strategis, taktis, maupun oprasional. Pada tingkat menajerial yang tertinggi-tingkat perencanaan stategis-sistem informasi dapat digunakan untuk mengubah arah sebuah perusahaan dalam mendapatkan keunggulan strategisnya.



Keunggulan strategis
Keunggulannya adalah keunggulan yang memiliki dampak fundamental dalam membentuk oprasi perusahaan. System informasi dapat digunakan untuk menciptakan suatu keunggulan strategis.
Strategis ini dapat menyebabkan oprasi perusahaan akan dipengaruhi oleh beberapa cara secara fundamental. Yang petama akses yang ada saat ini bias jadi dilakukan melalui peranti lunak computer buatan perusahaan sendiri, sehingga perubahan tersebut akan menyebabkan perusahaan harus mempertimbangkan untuk membeli peranti lunak pelaporan standar dari vendor luar atau mempekerjakan perusahaan luar untuk merancang dan mengembangkan suatu system pelaporan baru.

Keunggulan taktis
Sebuah perusahaan mendapatkan keunggulan taktis ketika perusahaan tersebut mengimplementasikan strategi dengan cara yang lebih baik dari para pesaingnya.

Keunggulan oprasional
Keunggulan yang berhubungan dengan transaksi dan proses sehari-hari. Disini lah system informasi akan berinteraksi secara langsung dengan proses. Suatu situs web yang “meningkat” pelanggan dan preverensi mereka dari transaksi-transaksi masa lalu akan mencerminkan suatu keunggulan oprasional.

Keunggulan koordinasi
Banyak keuntngan yang diperoleh oleh EMC adalah karena memiliki kemampuan memproseskan informasi yang baik yang didasarkan pada kemampuannya dalam berkoordinasi. Keuntungan koordinasi antara lain meliputi :
·        Fleksibilitas dalam merespons pesaing diberbagai Negara dalam pasar
·        Kemampuan untuk merespons perubahan yang terjadi disuatu Negara pada suatu Negara lain- atau suatu wilayah dalam suatu Negara lain.
·        Kemampuan untuk menyamai kebutuhan pasar diselulruh dunia.
·        Kemampuan untuk berbagi pengetahuan antara runit dierbagai Negara.
·        Mengurangi biaya oprasi secara keseluruhan.
·        Peningkatan eviensi dan evektifitas dalam memenuhi kebutuhan pelanggan.
·        Kemampuan untuk meraih dan mempertahankan keragaman produk perusahaan dan juga bagaimana produk diproduksi fan didistribusikan.

Managemen pengetahun
Sumber daya informasi sbeuah perusahaan terdiri atas :
·        Peranti keras computer
·        Peranti lunak computer
·        Spesialis informasi
·        Pengguna
·        Fasilitas
·        Database
·        Informasi






Sumber : Raymond Mcleod





Rabu, 10 Oktober 2012

Rangkuman Bab 1


Bab 1
Pengantar Sistem Informasi
Konsep-konsep dasar
Komputer telah digunakan dikalangan bisnis sejak pertengahan tahun 1950-an. Sejak saat itu, teknologi peranti lunak komputer dan bagaimana teknologi tersebut diterapkan untuk berbagai masalah bisnis telah mengalami perubahan yang dramatis. Perubahan terbesar dalam peranti keras adalah adanya tren kearah sistem yang lebih kecil dan lebih bertenaga serta serta perhubungan komputer dari berbagai ukuran untuk membentuk suatu jaringan komunikasi. Perubahan terbesar dalam teknologi peranti lunak adalah ditinggalkannya pembuatan program sesuai pesana ke penggunaan sistem-sistem peranti lunak yang ditulis terlebih dahulu dan aplikasi yang ditulis oleh pengguna-pengguna akhir.
Teknologi peranti keras dan peranti lunak adalah sistem fisik perusahaan juga memiliki sumber daya fisik, seperti mesin, bahan baku, dan sumber daya manusia. Data dan informasi yang diolah oleh komputer dan disimpan dalam unit penyimpanan dapat dilihat sebagai suatu sistem virtual (maya). Data dan informasi mencerminkan sumber daya fisik yang mereka jelaskan. Meninggalkan penggunaan komputer sebagai suatu sistem virtual guna membantu manager mengelola perusahaan fisik, dan buakan hanya sekedar pertanggungjawaban transaksi, telah menjadi terobosan besar dibidang aplikasi komputer bisnis.

Sejarah Sistem Informasi
Tinjauan mengenai sejarah sistem informasi mencakup peninjauan kembali pada bagaimana peranti keras telah mengalami evolusi dan bagaimana penerapannya dari waktu ke waktu. Dalam kurun waktu setelah abad sejak komputer digital untuk tujuan umum pertama kali dipasang di sebuah organisasi bisnis, peranti keras telah mengalami berlipat-lipat kenaikan kecepatan  dan kapasitas yang juga disertai dengan pengurangan ukuran secara dramatis.

Evolusi Peranti Keras Komputer
Komputer yang kita kenal sekarang dapat dilacak kembali ke sebuah mesin yang disebut Electronic Numerical Integrator and Calculator-ENIAC, yang dikembangkan pada tahun 1946 oleh John W. Mauchly dan J. Presper Eckert, dua orang insinyur di universitas of Pennsylvania. ENIAC adalah pendahuluan dari UNIVAC I Remington Rand, yang merupakan komputer otomatis universal yang pertama kali dipasarkan secara luas.
UNIVAC I yang pertama dipasang disebuah organisasi pemerintah, Biro Sensus AS (U.S. Census Bureau), pada tahun 1951. Tiga tahun kemudian, jenis mesin yang sama dipasang untuk pertama kalinya disebuah organisasi bisnis, General Electric. Komputer-komputer terdahulu, yang disebur mainframe, memfokuskan pada satu tugas tunggal yang diminta oleh seorang pengguna. Istilah mainframe masih digunakan hingga saat ini, namun kini dipergunakan untuk menggambarkan komputer-komputer besar yang letaknya tersentralisasi yang biasanya ditemukan di organisasi-organisasi besar.
Meskipun IBM bukan ,merupakan pembuat komputer yang pertama, IBM tidak membutuhkan waktu lama sebelum menjadi yang terdepan didalam industri ini. Komputer-komputer ini adalah komputer pertama yang secara sekaligus melakukan berbagai tugas yang diminta oleh beberapa orang pengguna. Meskipun prosesor sebuah komputer biasanya melakukan tugas satu persatu, istilah Multitasking mengacu pada fakta bahwa lebih dari satu orang pengguna akan melihat bekerja menggunakan komputer dalam waktu yang bersamaan. Hal ini dimungkinkan karena komputer mengelola bagian-bagian dari setiap aplikasi pengguna, dan beberapa bagian dapat tersebar disatu atau lebih aplikasi lain.

Komputer Berukuran Lebih Kecil
Selama tahun-tahun awal komputasi, dikebanyakan perusahaan, departemen komputer memonopoli komputer. Para pengguna tidak diperkenankan untuk mengakses komputer, yang disimpan disebuah fasilitas pusat komputasi. Para pengguna harus menggomunikasikan kebutuhan informasinya kepada Specialis Informasi (information specialists)-karyawan yang memiliki tanggung jawab penuh dalam pengembangkan dan mengoprasikan system informasi. Contoh spesialis informasi adalah analaisis system pemrogram (programmer), administrator basis data (database), spesialis jaringan dan web master. Beberapa produsen computer meyadari adanya kebutuhan untuk menyediakan sumber daya computer ini kepada para pengguna dan merespons dengan memproduksi dan memasarkan computer-komputer yang semakin kecil dan lebih murah dari pada/mainframe.
System skala kecil yang pertama disebut computer Mini (mini computers). Yang dengan cepat diikuti oleh computer yang lebih kecil lagi yang disebut computer micro (micro computer), atau mikro (micro). Bila computer mini ditunjukan untuk organisasi-organisasi kecil,computer mikro dilihat sebagai sebuah computer yang dapat dimiliki dan dioprasikan oleh seorang individu. Apple dan Tandy Corporation adalah pelopor dipasar computer mikro.


Hukum Moore (Moore’s Law)
Kecepatan prosesor telah mengalami peningkatan yang luar biasa selama beberapa tahun sejak IBM memperkenalkan computer mikronya yang pertama. Istilah hokum Moore’s Law, dari Gordon Moore, salah satu pendiri intel muncul pada tahun 1960-an.
Pada awalnya hukum ini meyatakan bahwa kerapatan penyimpanan sirkuit terintgrasi dari sebuah chip silicon akan meningkat dua kali lipat setiap tahunnya.
Dampak hokum Moore akan sulit diterima banyak orang. Para manajer yang tidak dapat memahami implikasi diatas sering kali akan dipaksa untuk bereaksi terhadap perubahan dalam teknologi informasi sebagai ganti dari merencanakan untuk menghadapinya, dan menggunakan perubahan tersebut sebagai suatu keunggulan kompetitif.

Pengantar Arsitektur Komputer
Ketika sesorang memikirkan computer, mereka sering kali memikirkan sekumpulan prosesor computer dan alat-alat input dan output, seperti yang digambarkan pada figure. Computer mainframe terbesar dan personal computer dimeja anda memiliki arsitektur yang serupa.
Inti dari sebuah komputer adalah prosesornya. Prosesor, yang dikendalikan oleh sebuah system oprasi seperti windows xp, mengelola alat input dan output, alat penyimpanan data, dan oprasi atas data. Unit pemrosesan sentral mengendalikan seluruh komponen lain.
Cd, ROOM, USB, Flash Drive, Hardisk (yang dikenal sebagai Hard Drive) adalah alat penyimpanan data, namun berbeda dengan RAM mereka menawarkan penyimpanan data secara permanen, dan bukan sementara.
Ketika dipergunakan bersam-sama dengan keyboard, monitor, mouse, dan printer, computer mikro akan dapat digunakan untuk mendukung pengambilan keputusan menajerial.



Pengantar Arsitektur Komunikasi
Komunikasi antar computer dibatasi oleh adanya fakta diprioritaskannya komunikasi telepon antara manusia. Standar dan prosedur komunikasi telepon tidak pernah dimaksudkan untuk mengakmodasi komunikasi digital yang sangat cepat yang dibutuhkan antar computer.
Modem adalah sebuah alat peranti kertas yang memodulasi sinyal digital dari sebuah computer (baik itu mati atau hidup, seperti sebuah saklar lampu) kedalam sinyal analog (suatu gelombang continue, misalnya bunyi suara), dan sebaliknya.

Evolusi Di Bidang Aplikasi Komputer
System informasi adalah suatu system virtual yang memungkinkan manajemen mengendalikan operasi system fisik perusahaan.
Sistem fisik perusahaan terdiri atas sumber-sumber daya berwujud bahan baku, karyawan, mesin, dan uang. Sedangkan system virtual terdiri atas suber daya informasi yang digunakan untuk mewakili sistem fisik.
System fisik sebuah perusahaan adalah suatu system terbuka yang berinteraksi dengan lingkungannya melalui aliran suber daya fisik. System tertutup adalah system yang tidak berkomunikasi dengan lingkungannya. System ini benar-benar tertutup tidak akan berinteraksi dengan konsumen, manager, atau siapa pun.


Sistem Pemrosesan Transaksi
Sebelum computer ada, system virtual perusahaan adalah kombinasi dari proses manual, mesin-mesin pembukuan yang digerakkan oleh kunci, dan system kartu berlubang. Data terdiri atas fakta dan angla biasanya tidak bermanfaat karena volumenya yang besar dan sifatnya yang belum diolah.




Sistem Informasi Manajemen
Suatu system berbasis computer yang membuat informasi tersedia bagi para pengguna yang memiliki kebutuhan serupa. SIM akan menghasilkan informasi ini melalui penggunaan dua jenis peranti lunak :
1.      Peranti lunak pembuat laporan yang menghasilkan laporan berkala atau laporan khusus
2.      Model matematis menghasilkan informasi sebagai hasil dari suatu simulasi atas operasi perusahaan.
Output informasi yang dihasilkan akan digunakan oleh pihak-pihak yang akan memecahka masalah dalam menggambil keputusan guna memecahkan masalah perusahaan.

Sistem pendukung Pengambil Keputusan
  Adalah suatu system yang membantu seorang manajer atau sekelompok kecil manajer memecahkan suatu masalah. Satu contoh adalah DDS yang dirancang untuk membantu seorang manajer penjualan menentukan tingkat komisi terbaik bagi para tenaga penjualannya.

Pengguna Sistem Informasi
Pengguna pertama output computer adalah para karyawan administrasi dibidang akuntansi. Ketika perusahaan menerapkan konsep SIM, penekanan akan bergeser dari data menuju ke informasi dan dari karyawan administrasi ke pemecahan masalah. System dikembangkan secara spesifik sebagai dukungan dalam memecahkan masalah.

Manager Sebagai Pengguna Sistem Informasi
Karena manajer adalah individu, kebutuhan informasi yang mereka miliki juga sangat beragam. Manajer terdapat di berbagai tingkatan manajerial dan didalam berbagai area bisnis perusahaan.


Peranan Informasi dalam Pemecahan Masalah Manajemen
Berkata bahwa pemecahan masalah adalah aktivitas terpenting yang dilakukan seorang manajer merupakan suatu gambaran yang terlalu disederhanakan. Akan tetapi adalah aman jika dikatakan bahwa pemecahan masalah merupakan salah satu aktifitas utama  yang sering kali manentukan berhasil atau tidaknya karier manajemen.

Pemecahan Masalah dan Pengambilan Keputusan
Hasil dari aktifitas pemecahan masalah adalah solusi. Memikirkan masalah sebagai sesuatu hal uang selalu buruk adalah suatu hal yang mudah untuk dilakukan, karena kita jarang mengartikan frase mengambil keuntungan dari sebuah situasi sama halnya dengan kita mengartikan frase memperbaiki sebuah situasi yang buruk.  Kita akan memperhitungkan peraihan kesempatan ke dalam pemecahan masalah dengan mendefinisikan masalah sebai suatu kondisi atau peristiwa yang merugikan atau memiliki potensi untuk menghasilkan keuntungan.

Sumber : MANAGEMENT INFORMATION SYSTEMS, Tenth Edition, Raymond McLeod and George                P. Schell

artikel perkembangan teknologi informasi


A. PERKEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI

Teknologi Informasi adalah suatu teknologi yang digunakan untuk mengolah data, termasuk memproses, mendapatkan, menyusun, menyimpan, memanipulasi data dalam berbagai cara untuk menghasilkan informasi yang berkualitas, yaitu informasi yang relevan, akurat dan tepat waktu, yang digunakan untuk keperluan pribadi, bisnis, dan pemerintahan dan merupakan informasi yang strategis untuk pengambilan keputusan. Teknologi ini menggunakan seperangkat komputer untuk mengolah data, sistem jaringan untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer yang lainnya sesuai dengan kebutuhan, dan teknologi telekomunikasi digunakan agar data dapat disebar dan diakses secara global.
Perkembangan Teknologi Informasi memacu suatu cara baru dalam kehidupan, dari kehidupan dimulai sampai dengan berakhir, kehidupan seperti ini dikenal dengan e-life, artinya kehidupan ini sudah dipengaruhi oleh berbagai kebutuhan secara elektronik. Dan sekarang ini sedang semarak dengan berbagai huruf yang dimulai dengan awalan e, seperti e-commerce, e-government, e-education, e-library, e-journal, e-medicine, e-laboratory, e-biodiversitiy, dan yang lainnya lagi yang berbasis elektronika.
Bidang pendidikan(e-education)
Globalisasi telah memicu kecenderungan pergeseran dalam dunia pendidikan dari pendidikan tatap muka yang konvensional ke arah pendidikan yang lebih terbuka (Mukhopadhyay M., 1995). Sebagai contoh kita melihat di Perancis proyek “Flexible Learning”. Hal ini mengingatkan pada ramalan Ivan Illich awal tahun 70-an tentang “Pendidikan tanpa sekolah (Deschooling Socieiy)” yang secara ekstrimnya guru tidak lagi diperlukan.
BIDANG – BIDANG YANG MENGALAMI PERKEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI:
Dalam Bidang Pemerintahan (e-government)
E-government mengacu pada penggunaan teknologi informasi oleh pemerintahan, seperti menggunakan intranet dan internet, yang mempunyai kemampuan menghubungkan keperluan penduduk, bisnis, dan kegiatan lainnya. Bisa merupakan suatu proses transaksi bisnis antara publik dengan pemerintah melalui sistem otomasi dan jaringan internet, lebih umum lagi dikenal sebagai world wide web. Pada intinya e-government adalah penggunaan teknologi informasi yang dapat meningkatkan hubungan antara pemerintah dan pihak-pihak lain. penggunaan teknologi informasi ini kemudian menghasilkan hubungan bentuk baru seperti: G2C (Governmet to Citizen), G2B (Government to Business), dan G2G (Government to Government).
Bidang Keuangan dan Perbankan
Saat ini telah banyak para pelaku ekonomi, khususnya di kota-kota besar yang tidak lagi menggunakan uang tunai dalam transaksi pembayarannya, tetapi telah memanfaatkan layanan perbankan modern.
Layanan perbankan modern yang hanya ada di kota-kota besar ini dapat dimaklumi karena pertumbuhan ekonomi saat ini yang masih terpusat di kota-kota besar saja, yang menyebabkan perputaran uang juga terpusat di kota-kota besar. Sehingga sektor perbankan pun agak lamban dalam ekspansinya ke daerah-daerah. Hal ini sedikit banyak disebabkan oleh kondisi infrastruktur saat ini selain aspek geografis Indonesia yang unik dan luas.
Untuk menunjang keberhasilan operasional sebuah lembaga keuangan/perbankan seperti bank, sudah pasti diperlukan sistem informasi yang handal yang dapat diakses dengan mudah oleh nasabahnya, yang pada akhirnya akan bergantung pada teknologi informasi online, sebagai contoh, seorang nasabah dapat menarik uang dimanapun dia berada selama masih ada layanan ATM dari bank tersebut, atau seorang nasabah dapat mengecek saldo dan mentransfer uang tersebut ke rekening yang lain hanya dalam hitungan menit saja, semua transaksi dapat dilakukan.
Teknologi Informasi dan Komunikasi mencakup dua aspek, yaitu Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi. Teknologi Informasi, meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi, dan pengelolaan informasi. Sedangkan Teknologi Komunikasi merupakan segala hal yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan mentransfer data dari perangkat yang satu ke lainnya.
Oleh karena itu, Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi adalah suatu padanan yang tidak terpisahkan yang mengandung pengertian luas tentang segala kegiatan yang terkait dengan pemrosesan, manipulasi, pengelolaan, dan transfer/pemindahan informasi antar media.

Secara khusus, tujuan mempelajari Teknologi Informasi dan Komunikasi adalah:

1. Menyadarkan kita akan potensi perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang terus berubah sehingga termotivasi untuk mengevaluasi dan mempelajari teknologi ini sebagai dasar untuk belajar sepanjang hayat.
2. Memotivasi kemampuan kita agar bisa beradaptasi dan mengantisipasi perkembangan TIK, sehingga bisa melaksanakan dan menjalani aktifitas kehidupan sehari hari secara mandiri dan lebih percaya diri.
3. Mengembangkan kompetensi kita dalam menggunakan Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk mendukung kegiatan belajar, bekerja, dan berbagai aktifitas dalam kehidupan sehari hari.
4. Mengembangkan kemampuan belajar berbasis TIK, sehingga proses pembelajaran dapat lebih optimal, menarik, dan mendorong kita lebih terampil dalam berkomunikasi, terampil mengorganisasi informasi, dan terbiasa bekerjasama.
5. Mengembangkan kemampuan belajar mandiri, berinisiatif, inovatif, kreatif, dan bertanggung jawab dalam penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk pembelajaran, bekerja, dan pemecahan masalah sehari hari.

Pengertian teknologi secara umum
• proses yang meningkatkan nilai tambah
• produk yang digunakan dan dihasilkan untuk memudahkan dan meningkatkan kinerja
• Struktur atau sistem di mana proses dan produk itu dikembamngkan dan digunakan

Kemajuan teknologi adalah sesuatu yang tidak bisa kita hindari dalam kehidupan ini, karena kemajuan teknologi akan berjalan sesuai dengan kemajuanm ilmu pengetahuan. Setiap inovasi diciptakan untuk memberikan manfaat positif bagi kehidupan manusia. Memberikan banyak kemudahan, serta sebagai cara baru dalam melakukan aktifitas manusia. Khusus dalam bidang teknologi masyarakat sudah menikmati banyak manfaat yang dibawa oleh inovasi-inovasi yang telah dihasilkan dalam dekade terakhir ini. Namun demikian, walaupun pada awalnya diciptakan untuk menghasilkan manfaat positif, di sisi lain juga juga memungkinkan digunakan untuk hal negatif.
Karena itu pada makalah ini kami membuat dampak-dampak positif dan negatif dari kemajuan teknologi dalam kehidupan manusia Dari beberapa pengertian di atas nampak bahwa kehidupan manusia tidak terlepas dari adanya teknologi. Artinya, bahwa teknologi merupakan keseluruhan cara yang secara rasional mengarah pada ciri efisiensi dalam setiap kegiatan manusia.
Perkembangan teknologi terjadi bila seseorang menggunakan alat dan akalnya untuk menyelesaikan setiap masalah yang dihadapinya. Sebagai contoh dapat dikemukakan pendapat pakar teknologi dunia terhadap pengembangan teknologi.

Menurut B.J. Habiebie (1983: 14) ada delapan wahana transformasi yang menjadi prioritas pengembangan teknologi, terutama teknologi industri, yaitu
(1) pesawat terbang,
(2) maritim dan perkapalan,
(3) alat transportasi,
(4) elektronika dan komunikasi,
(5) energi,
(6) rekayasa ,
(7) alat-alat dan mesin-mesin pertanian, dan
(8) pertahanan dan keamanan.
Jenis Aplikasi Teknologi Informasi
Aplikasi teknologi informasi sangat terkait dengan aplikasi teknologi komputer dan komunikasi data dalam kehidupan. Hampir semua bidang kehidupan saat ini dapat memanfatkan teknologi komputer. Beberapa jenis aplikasi tersebut adalah :
1. Aplikasi di bidang sains
Contohnya adalah aplikasi astronomi (perbintangan).
2. Aplikasi di bidang teknik/rekayasa
Contohnya adalah pembuatan robot dengan menggunakan konsep kecerdasan buatan agar robot lebih bijak.
3. Aplikasi di bidang bisnis/ekonomi
Contohnya adalah e-business, e-marketing, e-commerce dan lain-lain.
4. Aplikasi di bidang administrasi umum

Contohnya adalah aplikasi penjualan/distribusi barang, aplikasi penggajian karyawan, aplikasi akademik sekolah dan lain-lain.
5. Aplikasi di bidang perbankan
Contohnya adalah e-banking, ATM, dan m-banking.
6. Aplikasi di bidang pendidikan
Contohnya adalah e-learning (distance learning).
7. Aplikasi di bidang pemerintahan
Contohnya adalah e-government dan aplikasi inventarisasi kekayaan milik negara (IKMN).
8. Aplikasi di bidang kesehatan/kedokteran
Contohnya adalah pemeriksaane kokar diogr af i yaitu suatu pemeriksaan non invasif untuk menegakkan diagnose penyakit jantung. Dengan menggunakan alat ini aktivitas otot-otot jantung bisa dilihat langsung dilayar monitor dan lainnya.
9. Aplikasi di bidang industri/manufaktur
Contohnya adalah simulasi komputer untuk ujicoba atas rancangan sistem baru.
10. Aplikasi di bidang transportasi
Contohnya adalah aplikasi untuk mengatur jadwal penerbangan pesawat terbang.
11. Aplikasi di bidang pertahanan keamanan
Contohnya adalah aplikasi sistem keamanan data dengan enkripsi.
sumber : warta warga

B. Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi



Definisi
Teknologi adalah desain untuk tindakan instrumental yang mengurangi ketidakpastian dalam hubungan sebab-akibat yang terlibat dalam mencapai hasil yang diinginkan. Teknologi biasanya memiliki dua aspek yaitu aspek perangkat keras ( terdiri dari materi atau benda-benda fisik) dan aspek perangkat lunak ( terdiri dari basis informasi untuk perangkat keras ). Kedua aspek tersebut penting untuk penggunaan praktis komputer, tetapi karena perangkat keras lebih terlihat oleh pengamat kasual, maka kita akan berpikir teknologi utama adalah perangkat keras.

Teknologi komunikasi dalam masyarakat modern seperti Amerika Serikat. Teknologi komunikasi adalah peralatan perangkat keras, organisasi, struktur dan nilai-nilai sosial yang digunakan individu untuk mengumpulkan, memproses dan bertukar informasi dengan individu lainnya. Selanjutnya, yang lebih penting adalah sifat dan bagaimana fungsi media baru bagi sebagian besar orang untuk bertukar informasi. Pada kenyataannya teknologi komunikasi baru tidak hanya ditandai dengan adanya teknologi tunggal baru seperti mikrokomputer dan satelit, tetapi menggabungkan elemen-elemen dari jenis komunikasi baru seperti menggunakan satelit untuk memberikan berbagai wid dari programming untuk sistem televisi kabel. Contoh teknologi komunikasi baru yaitu telekonferensi jaringan, elektronik sistem, papan buletin computer, dan televise kabel interaktif.

Perubahan pada komunikasi manusia sebagai hasil teknologi baru
  1. Sistem komunikasi baru memiliki tingkat interaktivitas tertentu, seperti percakapan dua orang atau tatap muka. Interaktivitas adalah kemampuan sistem komunikasi baru untuk berbicara kembali kepada pengguna atau hampir seperti seorang individu yang berpartisipasi dalam percakapan.
  2. Media baru juga demassified yaitu bahwa sebuah pesan khusus dapat ditukar dengan setiap individu dalam khalayak yang besar. Menyamakan individualisasi seperti media baru untuk komunikasi tatap muka interpersonal, kecuali bahwa mereka tidak bertatap muka.
  3. Teknologi komunikasi baru juga sinkron, yang berarti mereka memiliki kemampuan untuk mengirim atau menerima pesan pada waktu yang tepat bagi seorang individu.

Jenis media baru
  1. Mikrokomputer
  • Unit yang berdiri sendiri, biasanya dengan ketentuan untuk memuat perangkat lunak individual dan kadang-kadang dihubungkan dengan mikrokomputer lain dalam jaringan. Unit pusat pengolahan mikrokomputer yang membaca dan mengeksekusi instruksi program adalah berupa sebuah chip semikonduktor tunggal.

2.      Telekonferensi
  • Pertemuan kelompok kecil yang dimiliki oleh komunikasi elektronik interaktif antara tiga orang atau lebih dalam dua atau lebih lokasi yang terpisah. Tiga jenis utama telekonferensing adalah video telekonferensi, telekonferensi audio, dan telekonferensi computer.

3.      Teleteks
  • Layanan informasi interaktif yang memungkinkan individu untuk meminta frame informasi untuk melihat pada layar televise rumah.

4.      Videotext
  • Layanan informasi interaktif yang memungkinkan individu untuk meminta frames informasi dari sebuah computer pusat untuk melihat pada layar tampilan video .

5.      Komunikasi Satelit
  • Komunikasi satelit terdiri dari pesan telepon, siaran televisi dan pesan lain dari suatu tempat di permukaan lain. Satelit ini biasanya diletakan di stationer atau di sekitar khatulistiwa sekita 22.300 mil dari permukaan bumi. Pada dasarnya, transmisi satelit televise, telepon dan informasi lain menghilangkan pengaruh jarak pada biaya komunikasi.

Dampak positif dan dampak negative dari perkembangan teknologi dilihat dari berbagai bidang
  1. Bidang Informasi dan komunikasi
Dalam bidang informasi dan komunikasi telah terjadi kemajuan yang sangat pesat. Dari kemajuan dapat kita rasakan dampak positifnya antara lain:
  • Kita akan lebih cepat mendapatkan informasi- informasi yang akurat dan terbaru di bumi bagian manapun melalui internet
  • Kita dapat berkomunikasi dengan teman, maupun keluarga yang sangat jauh hanya dengan melalui handphone
  • Kita mendapatkan layanan bank yang dengan sangat mudah.

Disamping keuntungan-keuntungan yang kita peroleh ternyata kemajuan kemajuan teknologi tersebut dimanfaatkan juga untuk hal-hal yang negatif, antara lain:

  • Pemanfaatan jasa komunikasi oleh jaringan teroris (Kompas)
  • Penggunaan informasi tertentu dan situs tertentu yang terdapat di internet yang bisa disalah gunakan pihak tertentu untuk tujuan tertentu
  1. Bidang Pendidikan
Teknologi mempunyai peran yang sangat penting dalam bidang pendidikan antara lain :
  • Munculnya media massa, khususnya media elektronik sebagai sumber ilmu dan pusat pendidikan. Dampak dari hal ini adalah guru bukannya satu-satunya sumber ilmu pengetahuan.
  • Munculnya metode-metode pembelajaran yang baru, yang memudahkan siswa dan guru dalam proses pembelajaran. Dengan kemajuan teknologi terciptlah metode-metode baru yang membuat siswa mampu memahami materi-materi yang abstrak, karena materi tersebut dengan bantuan teknologi bisa dibuat abstrak.
  • Sistem pembelajaran tidak harus melalui tatap muka .

sumber : Rogers, Everet M. Communication of Technology, 2006.