BAB 4
Pengguna dan Pengembang
Sistem
Organisasi Bisnis
Sistem informasi dikembangkan dan
digunakan dalam organisasi-organisasi bisnis. Area-area bisnis dasar perusahaan
adalah keuangan, sumber daya manusia , layanan informasi dan pemasaran.
Sumber Daya Informasi
Sebagian besar sumber daya pada
umumnya berlokasi di layanan informasi dan merupakan tanggung jawab dari chief
information officer (CIO). Sumber daya informasi yang terdapat di area-area
pengguna adalah tanggung jawab dari para manajer area pengguna.
ANALIS SISTEM
Spesialis ini bekerja dengan pengguna
untuk mengembangkan sistem-sistem baru dan memperbaiki sistem-sistem yang sudah
ada. Analis sistem adalah orang yang ahli dalam mendefinisikan masalah dan
dalam membuat dokumentasi tertulis mengenai bagaimana komputer akan membantu
menyelesaikan masalah-masalah tersebut.
ADMINISTRATOR BASIS DATA
Seorang spesialis informasi yang
bertanggung jawab atas basis disebut sebagai administrator basis data. Tugasnya
terbagi dalam empat area utama : perencanaan,implementasi, operasi, dan
keamanan.
WEBMASTER
Webmaster bertanggung jawab atas isi
dan penyajian situs web-perusahaan. Webmaster harus bekerja sama dengan
spesialis jaringan untuk memastikan bahwa jaringan komunikasi antara perusahaan
dan pelanggan dan/atau sekutu bisnisnya selalu terbuka.situs web sangat
mengandalkan gambar dan webmaster biasanya memiliki keahlian dalam manipulasi
atau perancangan grafik.
SPESIALIS JARINGAN
Spesialis jaringan bekerja dengan
analis sistem dan pengguna dalam membuat jaringan komunikasi data yang
menyatukan sumber daya komputasi yang menyebar. Spesialis jaringan akan
menggabungkan keahlian dari bidang-bidang komputasi maupun telekomunikasi.
Memelihara jaringan yang memenuhi persyaratan untuk aplikasi-aplikasi berbasis
web adalah hal yang sangat sulit untuk dilakukan.
PROGRAMMER
Programer menggunakan dokumentasi yang
dibuat oleh sistem analis untuk membuat kode program komputer yang mengubah
data menjadi informasi yang dibutuhkan oleh pengguna. Beberapa perusahaan menggabungkan
fungsi sistem analis dan programer , menciptakan suatu posisi analis programer.
OPERATOR
Oeprator menjalankan peralatan
komputasi berskala besar, seperti komputer mainframe dan server, yang biasanya
berlokasi dalam fasilitas komputasi perusahaan. Operator akan memonitor konsol,
mengganti kertas printer, mengelola perpustakaan pita dan disk menyimpan data.
Struktur Organisasi
Inovatif
Para peneliti SIM mengidentifikasikan
tiga struktur inovatif, yang disebut model sekutu(partner model), model platform,
dan model terskala. Basis dari model sekutu adalah bahwa layanan informasi
bekerja dengan area-area bisnis dalam menggunakan teknologi informasi guna
menghasilkan inovasi bisnis. Asumsi yang mendasari model platform adalah bahwa
layanan informasi tidak akan secara aktif mengawali inovasi bisnis, namun akan
menyediakan sumber daya informasi sehingga inovasi tersebut dapat dicapai oleh
area-area bisnis. Model berskala menyadari bahwa sumber daya harus diperoleh
begitu peluang pasar muncul dan harus dapat dengan cepat dilepaskan ketika
peluang-peluang tersebut tidak lagi terjadi.
KOMPUTASI PENGGUNA AKHIR
Komputasi pengguna akhir (end-user
computing-EUC), berarti pengembangan seluruh atau sebagian sistem informasi
oleh pengguna. Komputasi pengguna akhir timbul disebabkan oleh empat pengaruh
utama.
·
Dampak pendidikan
komputer : jajaran manajemen, terutama ditingkat yang lebih rendah, mulai diisi
dengan orang-orang yang memiliki keahlian komputer yang baik. Seiring dengan
berjalannya tahun, manajer-manajer ini maju ke tingkat manajemen yang lebih
tinggi dan tetap meneruskan penggunaan sistem informasi dan teknologinya.
·
Antrian layanan
informasi : Layanan informasi tidak dapat memeberikan respons yang
cukup cepat untuk memenuhi tuntutan pengguna dan antrian mulai menumpuk dengan
pekerjaan yang menunggu untuk dikerjakan oleh komputer.
·
Murahnya peranti keras :
Pengguna
dapat memperoleh sendiri peranti kerasnya dengan memesan di toko komputer
setempat melalui telepon dan meminta sistem tersebut dikirimkan.
·
Peranti lunak siap pakai
:
Peranti
lunak siap pakai ini menawarkan dukungan yang ditingkatkan dan kemudahan
penggunaan, dan memungkinkan perusahaan dan pengguna-pengguna individual dengan
sedikit keahlian komputer mengimplementasikan suatu sistem berbasis komputer.
PENGGUNA SEBAGAI SUATU
SUMBER DAYA INFORMASI
Dalam memutuskan bagaimana perusahaan
akan mempergunakan sumber daya informasinya, manajemen puncak harus memberikan
perhatian yang cukup besar tentang bagaimana cara komputasi pengguna akhir
dilaksanakan, sehingga pada akhirnya akan memaksimalkan manfaatnya dan meminimalkan
risikonya.
Keuntungan Komputasi
Pengguna Akhir
EUC memberikan dua manfaat utama :
·
Menyamakan kemampuan dan
tantangan. Pergeseran beban kerja dalam pengembangan ke area-area
pengguna memberikan kebebasan bagi spesialis informasi untuk lebih
berkonsentrasi pada organisasi secara luas dan sistem-sistem yang rumit, yang
memungkinkan mereka melakukan pekerjaan yang lebih baik di area-area tersebut.
·
Mempersempit jarak
komunikasi. Kesulitan yang selalu menghantui pengembangan sistem
sejak hari pertama komputasi adalah komunikasi antara pengguna dan spesialis
informasi. Pengguna memahami area masalah yang lebih baik daripada teknologi
komputasi. Kombinasi antara pendidikan komputer , teknologi berbiaya rendah,
dan peranti lunak siap pakai telah memungkinkan pengguna menciptakan beberapa
sistem.
Risiko Komuputasi
Pengguna Akhir
·
Sasaran sistem yang
buruk. Pengguna akhir dapat menerapkan komputer pada aplikasi-aplikasi yang
seharusnya dijalankan dengan cara lain.
·
Sistem yang dirancang
dan didokumentasikan dengan buruk. Meskipun mereka
memiliki tingkat kompetensi teknis yang cukup tinggi, biasanya tidak akan dapat
menyamai profesionalisme dari spesialis informasi dalam hal perancangan sistem.
·
Penggunaan sumber daya
informasi yang tidak efisien. Ketika terdapat kendali pusat atas
akuisisi peranti keras dan peranti lunak, perusahaan pada akhirnya bisa
mendapatkan peranti keras yang tidak sesuai dan peranti lunak yang berlebihan.
·
Hilangnya integritas
data. Pengguna akhir bisa jadi tidak menjalankan kahati-hatian
yang diperlukan dalam memasukkan data kedalam bisnis data perusahaan.
Pengguna-pengguna lain kemudian menggunakan data yang salah ini, dengan
berasumsi data tersebut akurat.
Pengetahuan Pengembangan
Sistem
Pengetahuan komputer
(computer literacy) adalah kemampuan untuk menggunakan sumber daya komputer
guna mendapatkan pemrosesan yang dibutuhkan. Pengetahuan informasi (information literacy) meliputi pemahaman
bagaimana menggunakan informasi dalam setiap langkah proses pemecahan masalah-
dimana informasi tersebut dapat diperoleh dan bagaimana membagi informasi
dengan orang lain.
Keahlian Pengembangan
Sistem
Kita dapat mengidentifikasi
jenis-jenis keahlian pengembangan yang berbeda dan memiliki arti yang penting.
Meskipun keahlian-keahlian ini dapat dipelajari, setiap individu biasanya
memiliki kemampuan masing-masing yang berbeda. Keahlian komnikasi (communication skills) melibatkan kemampuan
untuk menyampaikan informasi pada satu orang atau lebih dengan menggunakan
komunikasi lisan, tulisan atau gambar. Kemampuan
analitis (analytical skills) melibatkan studi dan pemahaman akhir atas
suatu situasi dengan tujuan untuk merumuskan respons atau solusi. Kreativitas (creativity) adalah
penciptaan ide atau solusi baru yang sepenuhnya atau separuhnya baru. Kepemimpinan (leadership) adalah
kemampuan untuk mengarahkan orang lain untuk melaksanakan tugasnya.
KANTOR MAYA
Konsep kantor maya (virtual office)
mengakui bahwa pekerjaan kantor dapat dilakukan hampir di semua lokasi
geografis selama tempat kerja tersebut terhubung dengan satu atau lebih lokasi
tetap perusahaan oleh suatu jenis kemampuan elektronik. Konsep ini dimulai
dengan telecommuting, lalu disempurnakan untuk menciptakan suatu fasilitas
kantor yang disebut hoteling.
Telecommuting
Istilah telecommuting diperkenalkan
karena sepertinya merupakan satu cara yang tepat untuk menggambarkan bagaimana
karyawan dapat secara elektronik “pergi” ke tempat kerja. Di antara
telecommuter yang pertama adalah ilmuwan-ilmuwan komputer seperti programer
sistem. Keuntungan terbesar telecommuting bagi karyawan adalah fleksibilitas
yang diberikan dalam menjadwalkan tugas-tugas pekerjaan sehingga tugas pribadi
juga akan dapat diakomodasi. Keuntungan lainnya adalah perusahaan biasanya akan
memberikan perhatian yang lebih besar pada kebutuhan komunikasi para
telecommuter jika dibandingkan dengan lingkungan kantor biasa. Namun
telecommutnig jg memiliki kerugian yaitu karena sifatnya yang terisolasi,
karyawan yang melakukan telecommuting dapat merasa menjadi anggota organisasi
yang kurang dianggap penting. Kerugian lainnya adalah kekhawatiran akan
kehilangan pekerjaan atau terganggunya karir.
Hoteling
Konsep hoteling adalah bahwa
perusahaan menyediakan suatu fasilitas terpusat yang dapat dibagi bersama oleh
karyawan jika terdapat kebuthan akan ruangan dan dukungan kantor. Keuntungan
hoteling adalah pemanfaatan sumber daya dan ruangan yang lebih efektif dan
fokus yang lebih baik pada apa yang dibutuhkan untuk mendukung personel kantor.
Risiko yang ada meliputi anggapan kaan hilangnya “bonus” oleh para karyawan
yang tidak lagi memiliki ruangan kantor pribadi.
Keuntungan Kantor Maya
Kantor maya mampu mengatasi
kendala-kendala fisik dari suatu tempat kerja dengan peranti elektronik
sehingga memungkinkan diperolehnya beberapa potensi keuntungan nyata, antara
lain :
·
Biaya fasilitas yang
lebih rendah. Karena beberapa orang karyawan bekerja ditempat lain,
perusahaan tidak membutuhkan kapasitas kantor yang sebesar dlu.
·
Biaya peralatan yang
lebih rendah. Sebagai ganti dari memberikan seperangkat peralatan
kantor kepada setiap orang, para karyawan dapat saling berbagi perlatan dengan
cara yang sama.
·
Berkurangnya penghentian
pekerjaan. Dalam suatu kantor maya, sebagian besar pekerjaan dapat
terus dilanjutkan.
·
Kontribusi sosial.
Kantor maya
memungkinkan perusahaan mempekerjakan orang-orang yang sebelumnya mungkin tidak
memiliki peluang untuk bekerja.
Kerugian Kantor Maya
ketika sebuah perusahaan berkomitmen
untuk menjalankan strategi kantor maya, maka perusahaan tersebut akan
melakukannya dengan telah memahami bahwa beberapa dampak negatif akan terjadi,
yaitu:
·
Moral yang rendah. Sejumlah faktor dapat
menyebabkan moral karyawan yang rendah. Salah satunya adalah tidak adanya umpan
balik positif yang berasal dari interksi tatap muka dengan atasan dan sesama
rekan kerja.
·
Kekhawatiran akan risiko
keamanan. Keamanan data dan informasi dapat lebih sulit untuk
dikendalikan didalam lingkungan kantor maya.
ORGANISASI MAYA
Keberhasilan kantor maya memicu para
visioner untuk melihat bagaimana kantor maya dapat diperluas hingga berlaku
bagi keseluruhan perusahaan. Di sebuah organisasi maya (virtual organization),
operasi keseluruhan perusahaan dirancang sedemikian rupa sehingga menjadi tidak
terikat pada lokasi-lokasi fisik.
Dampak Sosial Organisasi
Maya
Industri-industri yang paling tertarik
pada konsep kantor maya dan organisasi maya adalah industri yang memberikan
nilai tambah dalam bentuk informasi ide, dan kecerdasan. Contohnya adalah
bidang pendidikan, perawatan kesehatan, hiburan, perjalanan, olahraga, dan
konsultasi. Seiring dengan semakin banyaknya industri-industri yang tertarik
dengan kantor maya, perubahan yang terjadi mungkin akan memengaruhi cara hampir
semua orang hidup dan bekerja. Pengaruh ini akan lebih jels terlihat pada
penampilan fisik dan fungsi dari kota-kota kita. Agar hal ini dapat terjadi
setiap orang harus dapat berpartisipasi. Pekerja semua tingkatan harus tertarik
pada pekerjaan-pekerjaan dan memiliki pengatahuan dan keahlian yang dibutuhkan
untuk berhasil. Tingkat kompetensi yang tinggi seperti ini membutuhkan dedikasi
dari pihak lembaga-lembaga pendidikan maupun pemerintah disemua tingkat untuk
mendorong dan memfasilitasi terjadinya perubahan.