Minggu, 02 Oktober 2011

management yg baik

Manajemen adalah suatu bentuk aktivitas yang terpadu dan sistematis untuk mengolah sumber-sumber yang ada, untuk visi dan tujuan tertentu. Kegiatan terpadu dan sistematis dicapai dengan melaksanakan fungsi dan peran manajemen dengan sebaik-baiknya.

Fungsi manajemen antara lain:
1. merencanakan
a. menganalisa kebutuhan perusahaan
b. menetapkan sasaran
c. policy (garis-garis besar pelaksanaannya)
d. program
e. jadwal (schedule)
f. prosedur
g. anggaran

2. mengorganisir
3. koordinasi (menyatukan kegiatan, menyeimbangkan kegiatan, dan menetapkan waktu yang tepat)
4. motivasi (komunikasi dan partisipasi mengenai pekerjaan)
5. control (menetapkan standar, menilai pekerjaan-pekerjaan yang sedang dilakukan)

fungsi-fungsi ini berlaku universal, proses kegiatan manajemen bersifat mengolah sumber-sumber yang ada untuk mencapai tujuan perusahaan. Sumber-sumber tersebut adalah elemen dari manajemen perusahaan.

Unsur-unsur manajemen terdiri atas: manusia, material , mesin , metode dan uang (modal). Material dan uang ini disebut sebagai input bahan mentah yang akan dproses secara manajerial menjadi suatu yang bernilai lebih tinggi. Manusia dan mesin merupakan input instrumental, yang mengolah bahan-bahan mentah tersebut menjadi suatu yang bernilai lebih tinggi. Oleh karena manusia ikut pula berproses maka manusiadapat disebut raw dan instrumental input.

Disinilah peran manajer harus ditingkatkan. Seorang manajer yang ingin sukses harus menguasai hubungan antar manusia, kepemimpinan, dan pengetahuan-pengetahuan mengenai tingkah laku manusia yang ada di perusahaannya. Pengetahuan dan keterampilan yang dikembangkan antara lain motivasi, kepemimpinan, training (pelatihan) dan komunikasi.

Selain itu, seorang manajer pun harus mampu mengatasi hal-hal yang membatasi hubungan-hubungan dalam organisasi dengan cara mengembangkan peningkatan kerjasama antar anggota organisasi atau karyawan.

Pendekatan-pendekatan yang dapat dilakukan untuk tercapai itu adalah dengan cara pendekatan ekologis, yaitu berlandaskan pada pencarian hubungan-hubungan antara: organisasi, lingkungan dan daya upaya perubahan

Jika hal ini mampu berlangsung dengan baik antara manajemen perusahaan dan seluruh anggota perusahaan (pekerja), maka tujuan dari perusahaan pun akan terlaksana dengan baik. Apakah perusahaan anda memiliki manajemen yang baik?



 Senin, 01-01-0001 00:00:00 oleh: ikhwan kunto alfarisi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar