Sabtu, 16 Juni 2012

Perkembangan Pandangan Baru tentang Organisasi. (minggu 12)


Pengertian Pengembangan OrganisasiPengembangan Organisasi merupakan program yang berusaha meningkatkan efektivitas keorganisasian dengan mengintegrasikan keinginan individu akan pertumbuhan dan perkembangan dengan tujuan keorganisasian.Alasan akan pentingnya pengembangan Organisasi :
  1. Perubahan adalah pertanda kehidupan
  1. Perubahan memberikan harapan
  1. Pengembangan merupakan tanggapan atas perubahan
  1. Pengembangan merupakan usaha untuk menyesuaikan dengan hal baru
Pertama adalah, diagnosis yang akurat mengenai situasi dan kondisi saat ini.sukses.SEJARAH PERKEMBANGAN ORGANISASI2.2.1 Teori Organisasi KlasikTeori klasik (classical theory) kadang-kadang disebut juga teori tradisional yang berisi konsep-konsep tentang organisasi mulai tahun 1800( abad 18).Dalam teori ini, organisasi secar umum digambarkan oleh para teoritisi klasik sebagai organisasi yang sangat tersentralisasi dan tugas-tugasnya terspesialisasi, serta memberikan petunjuk mekanistik structural yang kaku dan tidak mengandung kreatifitas. Dalam teori ini organisasi didefinisikan sebagai struktur hubungan, kekuasaan-kekuasaan, tujuan-tujuan, peranan-peranan, kegiatan-kegiatan, komunikasi dan faktor-faktor lain bila orang-orang bekerja sama.Teori Klasik berkembang dalam 3 aliran yaitu: teori birokrasi, teori administrasi, dan manajemen ilmiah.I. Teori BirokrasiTeori ini dikemukakan oleh Max Weber dalam bukunya “The Protestant Ethic dan Spirit of Capitalism”.Karakteristik-karakteristik birokrasi menurut Max Weber:1. Pembagian Kerja yang jelas.2. Hirarki wewenang yang dirumuskan secara baik3. Program rasional dalam mencapai tujuan organisasi4. Sistem prosedur bagi penanganan situasi kerja5. Sistem aturan yang mencakup Hak dan Kewajiban posisi para pemegang jabatan6. Hubungan antar pribadi yang bersifat impersonal.I. Teori BirokrasiTeori ini dikemukakan oleh Max Weber dalam bukunya “The Protestant Ethic dan Spirit of Capitalism”.Karakteristik-karakteristik birokrasi menurut Max Weber:1. Pembagian Kerja yang jelas.2. Hirarki wewenang yang dirumuskan secara baik3. Program rasional dalam mencapai tujuan organisasi4. Sistem prosedur bagi penanganan situasi kerja5. Sistem aturan yang mencakup Hak dan Kewajiban posisi para pemegang jabatan6. Hubungan antar pribadi yang bersifat impersonal.PEMBAHASANSemua organisasi harus berubah karena adanya tekanan di dalam lingkungan internal maupun eksternal. Walaupun perubahan yang terjadi lebih pada lingkungan, namun pada umumnya menuntut perubahan lebih pada organisasional, dan organisasi-organisasi bisa melakukan lebih banyak perubahan ataupun lebih sedikit. Organisasi-organisasi bisa merubah tujuan dan strategi-strategi, teknologi, desain pekerjaan, struktur, proses-proses, dan orang.Perubahan-perubahan pada orang senantiasa mendampingi perubahan-perubahan pada faktor-faktor yang lain. Proses perubahan pada umumnya mencakup sikap dan perilaku saat ini yang siknifikan. perubahan-perubahannya dan akhirnya kepemilikan sikap dan perilaku yang baru.Sejumlah isu-isu kunci dan problem harus dihadapi selama dalam proses perubahan umum.Kedua adalah, penolakan yang ditimbulkan oleh adanya perubahan.Ketiga adalah, isu pelaksanaan evaluasi yang memadai dari usaha perubahan yangsumber : http://skyknowledge.wordpress.com/2012/04/29/pengembangan-organisasi/Sejarah Pengembangan Organisasi sangat erat hubungannya dengan teori organisasi. Teori Organisasi meliputi teori organisasi klasik, teori organisasi neoklasik, dan teori organisasi modern.sumber ; http://panksgatsred.blogspot.com/2009/12/sejarah-perkembangan-organisasi.htmlKarakteristik organisasi adalah perilaku dan tingkah laku suatu badan/institusi terhadap kondisi yang ada diluar institusi itu maupun didalam institusi itu sendiri, artinya dalam dunia bisnisnya selalu fokus kepada pelanggannya yang bukan hanya dari luar perusahaan itu tapi juga orang-orang di dalam perusahaan yang merupakan aset perusahaan itu sendiri. (Maksudnya Masih jarang sebuah institusi itu menganggap karyawannya berpotensi untuk jadi aset dan akhirnya kurang mendapat perhatian dari perusahan itu sendiri), jadi semua mengarah kepada mutu yg ditentukan oleh 2 hal seperti yg tertulis sebelumnya.  Kerakteristik Organisasi yang efektiv adalah ; - Concern terhadap SDM dan memperlakukan SDM sebagai Asset yang berharga - Program Training dan Pengambangan terbuka seluas-luasnya - Program kompensasi terlaksana dengan baik - Tingkat perputaran SDM rendah - Top manajemen mempunyai komitmen dan mendukung terhadap perkembangan SDM - Semua Team turut berpartisipasi dalam membuat kebijakan organisasi  Secara umum karakteristik pengembangan organisasi :  1) Keputusan yang penuh pertimbangan maksudnya adalah suatu hasil yang diperoleh berdasarkan strategi yang telah direncanakan dalam rangka mewujudkan perubahan organisasional yang memiliki sasaran jelas berdasarkan diagnosa yang tepat tentang permasalahan yang dihadapi oleh organisasi. 

 2) Diterapkan pada semua sub-sistem manusia baik individu, kelompok, dan organisasi maksudnya adalah menerapkan cara-cara baru yang diperlukan untuk meningkatkan kinerja seluruh organisasi dan semua satuan kerja dalam organisasi. 

sumber : http://adhiitblues.blogspot.com/2012/04/karakteristik-pengambangan-oragnisasi.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar