Rabu, 10 Oktober 2012

Rangkuman Bab 1


Bab 1
Pengantar Sistem Informasi
Konsep-konsep dasar
Komputer telah digunakan dikalangan bisnis sejak pertengahan tahun 1950-an. Sejak saat itu, teknologi peranti lunak komputer dan bagaimana teknologi tersebut diterapkan untuk berbagai masalah bisnis telah mengalami perubahan yang dramatis. Perubahan terbesar dalam peranti keras adalah adanya tren kearah sistem yang lebih kecil dan lebih bertenaga serta serta perhubungan komputer dari berbagai ukuran untuk membentuk suatu jaringan komunikasi. Perubahan terbesar dalam teknologi peranti lunak adalah ditinggalkannya pembuatan program sesuai pesana ke penggunaan sistem-sistem peranti lunak yang ditulis terlebih dahulu dan aplikasi yang ditulis oleh pengguna-pengguna akhir.
Teknologi peranti keras dan peranti lunak adalah sistem fisik perusahaan juga memiliki sumber daya fisik, seperti mesin, bahan baku, dan sumber daya manusia. Data dan informasi yang diolah oleh komputer dan disimpan dalam unit penyimpanan dapat dilihat sebagai suatu sistem virtual (maya). Data dan informasi mencerminkan sumber daya fisik yang mereka jelaskan. Meninggalkan penggunaan komputer sebagai suatu sistem virtual guna membantu manager mengelola perusahaan fisik, dan buakan hanya sekedar pertanggungjawaban transaksi, telah menjadi terobosan besar dibidang aplikasi komputer bisnis.

Sejarah Sistem Informasi
Tinjauan mengenai sejarah sistem informasi mencakup peninjauan kembali pada bagaimana peranti keras telah mengalami evolusi dan bagaimana penerapannya dari waktu ke waktu. Dalam kurun waktu setelah abad sejak komputer digital untuk tujuan umum pertama kali dipasang di sebuah organisasi bisnis, peranti keras telah mengalami berlipat-lipat kenaikan kecepatan  dan kapasitas yang juga disertai dengan pengurangan ukuran secara dramatis.

Evolusi Peranti Keras Komputer
Komputer yang kita kenal sekarang dapat dilacak kembali ke sebuah mesin yang disebut Electronic Numerical Integrator and Calculator-ENIAC, yang dikembangkan pada tahun 1946 oleh John W. Mauchly dan J. Presper Eckert, dua orang insinyur di universitas of Pennsylvania. ENIAC adalah pendahuluan dari UNIVAC I Remington Rand, yang merupakan komputer otomatis universal yang pertama kali dipasarkan secara luas.
UNIVAC I yang pertama dipasang disebuah organisasi pemerintah, Biro Sensus AS (U.S. Census Bureau), pada tahun 1951. Tiga tahun kemudian, jenis mesin yang sama dipasang untuk pertama kalinya disebuah organisasi bisnis, General Electric. Komputer-komputer terdahulu, yang disebur mainframe, memfokuskan pada satu tugas tunggal yang diminta oleh seorang pengguna. Istilah mainframe masih digunakan hingga saat ini, namun kini dipergunakan untuk menggambarkan komputer-komputer besar yang letaknya tersentralisasi yang biasanya ditemukan di organisasi-organisasi besar.
Meskipun IBM bukan ,merupakan pembuat komputer yang pertama, IBM tidak membutuhkan waktu lama sebelum menjadi yang terdepan didalam industri ini. Komputer-komputer ini adalah komputer pertama yang secara sekaligus melakukan berbagai tugas yang diminta oleh beberapa orang pengguna. Meskipun prosesor sebuah komputer biasanya melakukan tugas satu persatu, istilah Multitasking mengacu pada fakta bahwa lebih dari satu orang pengguna akan melihat bekerja menggunakan komputer dalam waktu yang bersamaan. Hal ini dimungkinkan karena komputer mengelola bagian-bagian dari setiap aplikasi pengguna, dan beberapa bagian dapat tersebar disatu atau lebih aplikasi lain.

Komputer Berukuran Lebih Kecil
Selama tahun-tahun awal komputasi, dikebanyakan perusahaan, departemen komputer memonopoli komputer. Para pengguna tidak diperkenankan untuk mengakses komputer, yang disimpan disebuah fasilitas pusat komputasi. Para pengguna harus menggomunikasikan kebutuhan informasinya kepada Specialis Informasi (information specialists)-karyawan yang memiliki tanggung jawab penuh dalam pengembangkan dan mengoprasikan system informasi. Contoh spesialis informasi adalah analaisis system pemrogram (programmer), administrator basis data (database), spesialis jaringan dan web master. Beberapa produsen computer meyadari adanya kebutuhan untuk menyediakan sumber daya computer ini kepada para pengguna dan merespons dengan memproduksi dan memasarkan computer-komputer yang semakin kecil dan lebih murah dari pada/mainframe.
System skala kecil yang pertama disebut computer Mini (mini computers). Yang dengan cepat diikuti oleh computer yang lebih kecil lagi yang disebut computer micro (micro computer), atau mikro (micro). Bila computer mini ditunjukan untuk organisasi-organisasi kecil,computer mikro dilihat sebagai sebuah computer yang dapat dimiliki dan dioprasikan oleh seorang individu. Apple dan Tandy Corporation adalah pelopor dipasar computer mikro.


Hukum Moore (Moore’s Law)
Kecepatan prosesor telah mengalami peningkatan yang luar biasa selama beberapa tahun sejak IBM memperkenalkan computer mikronya yang pertama. Istilah hokum Moore’s Law, dari Gordon Moore, salah satu pendiri intel muncul pada tahun 1960-an.
Pada awalnya hukum ini meyatakan bahwa kerapatan penyimpanan sirkuit terintgrasi dari sebuah chip silicon akan meningkat dua kali lipat setiap tahunnya.
Dampak hokum Moore akan sulit diterima banyak orang. Para manajer yang tidak dapat memahami implikasi diatas sering kali akan dipaksa untuk bereaksi terhadap perubahan dalam teknologi informasi sebagai ganti dari merencanakan untuk menghadapinya, dan menggunakan perubahan tersebut sebagai suatu keunggulan kompetitif.

Pengantar Arsitektur Komputer
Ketika sesorang memikirkan computer, mereka sering kali memikirkan sekumpulan prosesor computer dan alat-alat input dan output, seperti yang digambarkan pada figure. Computer mainframe terbesar dan personal computer dimeja anda memiliki arsitektur yang serupa.
Inti dari sebuah komputer adalah prosesornya. Prosesor, yang dikendalikan oleh sebuah system oprasi seperti windows xp, mengelola alat input dan output, alat penyimpanan data, dan oprasi atas data. Unit pemrosesan sentral mengendalikan seluruh komponen lain.
Cd, ROOM, USB, Flash Drive, Hardisk (yang dikenal sebagai Hard Drive) adalah alat penyimpanan data, namun berbeda dengan RAM mereka menawarkan penyimpanan data secara permanen, dan bukan sementara.
Ketika dipergunakan bersam-sama dengan keyboard, monitor, mouse, dan printer, computer mikro akan dapat digunakan untuk mendukung pengambilan keputusan menajerial.



Pengantar Arsitektur Komunikasi
Komunikasi antar computer dibatasi oleh adanya fakta diprioritaskannya komunikasi telepon antara manusia. Standar dan prosedur komunikasi telepon tidak pernah dimaksudkan untuk mengakmodasi komunikasi digital yang sangat cepat yang dibutuhkan antar computer.
Modem adalah sebuah alat peranti kertas yang memodulasi sinyal digital dari sebuah computer (baik itu mati atau hidup, seperti sebuah saklar lampu) kedalam sinyal analog (suatu gelombang continue, misalnya bunyi suara), dan sebaliknya.

Evolusi Di Bidang Aplikasi Komputer
System informasi adalah suatu system virtual yang memungkinkan manajemen mengendalikan operasi system fisik perusahaan.
Sistem fisik perusahaan terdiri atas sumber-sumber daya berwujud bahan baku, karyawan, mesin, dan uang. Sedangkan system virtual terdiri atas suber daya informasi yang digunakan untuk mewakili sistem fisik.
System fisik sebuah perusahaan adalah suatu system terbuka yang berinteraksi dengan lingkungannya melalui aliran suber daya fisik. System tertutup adalah system yang tidak berkomunikasi dengan lingkungannya. System ini benar-benar tertutup tidak akan berinteraksi dengan konsumen, manager, atau siapa pun.


Sistem Pemrosesan Transaksi
Sebelum computer ada, system virtual perusahaan adalah kombinasi dari proses manual, mesin-mesin pembukuan yang digerakkan oleh kunci, dan system kartu berlubang. Data terdiri atas fakta dan angla biasanya tidak bermanfaat karena volumenya yang besar dan sifatnya yang belum diolah.




Sistem Informasi Manajemen
Suatu system berbasis computer yang membuat informasi tersedia bagi para pengguna yang memiliki kebutuhan serupa. SIM akan menghasilkan informasi ini melalui penggunaan dua jenis peranti lunak :
1.      Peranti lunak pembuat laporan yang menghasilkan laporan berkala atau laporan khusus
2.      Model matematis menghasilkan informasi sebagai hasil dari suatu simulasi atas operasi perusahaan.
Output informasi yang dihasilkan akan digunakan oleh pihak-pihak yang akan memecahka masalah dalam menggambil keputusan guna memecahkan masalah perusahaan.

Sistem pendukung Pengambil Keputusan
  Adalah suatu system yang membantu seorang manajer atau sekelompok kecil manajer memecahkan suatu masalah. Satu contoh adalah DDS yang dirancang untuk membantu seorang manajer penjualan menentukan tingkat komisi terbaik bagi para tenaga penjualannya.

Pengguna Sistem Informasi
Pengguna pertama output computer adalah para karyawan administrasi dibidang akuntansi. Ketika perusahaan menerapkan konsep SIM, penekanan akan bergeser dari data menuju ke informasi dan dari karyawan administrasi ke pemecahan masalah. System dikembangkan secara spesifik sebagai dukungan dalam memecahkan masalah.

Manager Sebagai Pengguna Sistem Informasi
Karena manajer adalah individu, kebutuhan informasi yang mereka miliki juga sangat beragam. Manajer terdapat di berbagai tingkatan manajerial dan didalam berbagai area bisnis perusahaan.


Peranan Informasi dalam Pemecahan Masalah Manajemen
Berkata bahwa pemecahan masalah adalah aktivitas terpenting yang dilakukan seorang manajer merupakan suatu gambaran yang terlalu disederhanakan. Akan tetapi adalah aman jika dikatakan bahwa pemecahan masalah merupakan salah satu aktifitas utama  yang sering kali manentukan berhasil atau tidaknya karier manajemen.

Pemecahan Masalah dan Pengambilan Keputusan
Hasil dari aktifitas pemecahan masalah adalah solusi. Memikirkan masalah sebagai sesuatu hal uang selalu buruk adalah suatu hal yang mudah untuk dilakukan, karena kita jarang mengartikan frase mengambil keuntungan dari sebuah situasi sama halnya dengan kita mengartikan frase memperbaiki sebuah situasi yang buruk.  Kita akan memperhitungkan peraihan kesempatan ke dalam pemecahan masalah dengan mendefinisikan masalah sebai suatu kondisi atau peristiwa yang merugikan atau memiliki potensi untuk menghasilkan keuntungan.

Sumber : MANAGEMENT INFORMATION SYSTEMS, Tenth Edition, Raymond McLeod and George                P. Schell

Tidak ada komentar:

Posting Komentar