Sabtu, 20 Oktober 2012

Rangkuman Bab 2


Bab 2
System informasi untuk keunggulan kompetitif
Model system umum perusahaan akan dapat menjadi contoh pola yang baik untuk menganalisis sebuah organisasi. Model ini akan menyoroti unsure-unsur yang seharusnya ada dan bagaimana unsur-unsur tersebut seharusnya berinteraksi. Dalam hal yang sama, model delapan unsur lingkungan sebuah perusahaan dapat menjadi suatu cara yang  aik untuk memahami kompleksitas dari bagaimana perusahaan akan berinteraksi dengan lingkungannya. Integrasi antara model system umum dan model delapan unsur lingkungan akan menjadi dasar dari suatu konsep yang menerima banyak perhatian dewasa ini-manajemen rantai pasokan (supply chain manajemen).
Pandangan secara luas atas keunggulan kompetitif menyadari adanya organisasi-organisasi yang bersaing dengan perusahaan sekaligus juga professional yang dan staf dinegar-negara yang bersaing memperebutkan pekerjaan dengan karyawan perusahaan.
Keunggulan yang substansial akan diperoleh perusahaan yang mencapai koordinasi melalui keunggulan sumber daya informasi. Perusahaan multi nasional menghadapi tantangan-tantangan yang signifikan dalam bentuk pembatasan-pembatasan yang dikenakan oleh politik, kendala budaya dan komunikasi, masalah teknologi, dan kurangnya dukungan dari manager-manager bawahan. Tugas manajement pengetahuan (knowledge managemen) akan terus menerus berubah. Perusahaan telah mempergunakan computer sejak tahun 1950-an, dan sejak saat itu pula format data serta teknik-teambarkan model system knik penyimpanan telah mengalami banyak perubahan. Namun, data disistem warisan hanya menyimpan teks dan angka, namun gambar saat ini juga merupakan bagian yang penting dari system informasi. Manajemn pengetahuan menyadari bahwa informasi akan mencerminkan sumber daya pengetahuan perusahaan. Managemen pengetahuan dibutuhkan untuk mengorganisasikan, mengakses dan mengungkit data dan informasi perusahaan dan pengambilan keputusan.



PERUSAHAAN DAN LINGKUNGANNYA
Perusahaan adalah suatu sisten fisik yang dikelola melalui penggunaan sebuah system virtual. System fisik perusahaan merupakan suatu system terbuka dimana ia berhadapan dengan linkungannya. Seuah perusahaan mengambil sumber daya dari lingkungannya, mengubah sumber daya tersebut menjadi produk dan jasa, dan mengembalikan sumber daya yang telah diubah kembali ke lingkungan.

SUATU PERUSAHAAN MODEL SISTEM UMUM
Aliran sumber daya fisik berbeda dibagian bawah ; aliran sumber daya virtual berada dibagian atas. Bagan ini menggambarkan model system perusahaan ; model ini menampilkan arsitektur bagi seluruh jenis organisasi dalam bentuk sebuah system.

ALIRAN SUMBER DAYA FISIK
Sumber daya fisik sebuah perusahaan meliputi pegawai, bahan baku, mesin, dan uang. Pegawai dipekerjakan oleh perusahaan, diubah ketingkat keahlian yang lebih tinggi melalui pelatihan dan pengalaman, dan pada akhir meninggalkan perusahaan. Bahan baku memasuki perusahaan dalam bentuk input mentah dan diubah menjadi barang jadi, yang kemudian dijual kepada para pelanggan perusahaan. Mesin dibeli, digunakan, dan pada akhirnya dijual dalam bentuk besi tua atau ditukar dengan mesin yang lebih baru. Uang memasuki perusahaan dalam bentuk penerimaan penjualan, infestasi pemegang saham, dan pinjaman lalu diubah menjadi pembayaran kepada pemasok, pajak kepada pemerintah, dan pengambilan kepada pemegang saham. Ketika berada didalam perusahaan, sumber daya fisik dipergunakan untuk menghasilkan produk dan jasa yang dijual oleh perusahaan kepada para pelanggannya.

ALIRAN SUMBER DAYA VIRTUAL
Aliran dua-arah , data dan informasi yang menghubungkan perusahaan dengan lingkungannya ditunjukan dibagian sebelah kanan.

MEKANISME PENGENDALIAN PERUSAHAAN
Unsur-unsur yang memungkinkan perusahaan mengendalikan operasi sendiri meliputi standar kinerja yang harus dipenuhi oleh perusahaan jika ia ingin mencapai tujuannya secara keseluruhan , manajemen perusahaan, dan suatu pemroses onformasi yang mengubah data menjadi informasi.

LINGKARAN UMPAN BALIK
Lingkaran umpan balik (feedback loop) terdiri atas sumber-sumber daya virtual. Data dikumpulkan dari perusahaan dan dari lingkungan lalu dimasukan kedalam pemroses informasi, yang mengubahnya menjadi informasi. Informasi ini kemudian diberikan kepada para manajer, yang melakukan pengambilan keputusan yang akan mempengaruhi perubahan-perubahan yang dibutuhkan pada system fisik.
Manajemen akan dipandu dalam pengambilan keputusannya oleh standar-standar kinerja perusahaan. Standar kinerja ini juga dapat dipergunakan oleh pemroses informasi untuk mengetahui apabila perusahaan tidak memberikan kinerja sesuai dengan yang diharapkan.

Perusahaan didalam lingkungannya
Model system umum sebuah perusahaan membuat kita dapat dengan lebih mudah melihat arti penting lingkungan bagi kesuksesan sebuah perusahaan. Sebuah perusahaan tercipta atas dasar tujuan untuk memberikan produk dan jasa yang memenuhi kebutuhan lingkungannya. Sama pentingnya, sebuah perusahaan akan dapat berfungsi tanpa sumber daya yang diberikan oleh lingkungannya.
Lingkungan dapat bervariasi dari sau peusahaan lainnya. Sebuah bank memiliki lingkungan berbeda dari sebuah took alat-alat olahraga atau sebuah gereja. Unsur-unsur lingkungan ini adalah organisasi dan individu yang berada diluar perusahaan dan memiliki pengaruh langsung maupun tidak langsung atas perusahaan.
Pemasok (supplier) atau yang disebut juga vendor, memasok bahan aku, mesin, jasa, orang, dan infomasi yang dignakan oleh perusahaan untuk menghasilkan produk dan jasanya. Produk dan jasa ini dipasarkan kepada pelanggan (customer) perusahaan. Serikat pekerja (labor union) adalah organisasi dari para pekerja terampil maupun tidak terampil berbagai jenis bidang usaha dan industry. Omunitas keuangan (financial community) terdiri atas institusi-institusi seperti bank dan istitusi pemberi pinjaman lainnya yang mempengaruhi sumber daya keuangan yang tersedia bagi perusahaan. Pemegang saham dan pemilik (stockholders and owners)  adalah orang-orang menginvestasikan uang kedalam perusahaan mereka adalah pemilik perusahaan yang sebenarnya. Pesaing (competitor) mencakup semua organisasi yang bersaing dengan perusahaan di dalam pasar. Pemerintah (government), baik itu ditingkat nasional, provinsi, maupun local, akan memberikan pembatasan dalam bentuk peraturan dan perundang-undangan dan juga memberikan bantuan dalam bentuk pembelian, informasi, dan dana. Komunitas global (global community) adalah wilayah geografis dimana perusahaan menjalankan oprasinya. Perusahaan menunjukan tanggung jawabnya kepada masyarakat global dengan menghargai lingkungan hidup, memberikan produk dan jasa yang memberikan kontribusi kepada mutu kehidupan, dan melakukan oprasinya secara etis.

Aliran sumber daya lingkungan
Perusahaan terselubung dengan unsur-unsur lingkungannya melalui aliran sumber daya lingkungan (environmental resource flows) . beberapa sumber daya mengalir lebih sering daripada sumber daya yang lain. Aliran-aliran yang umumnya terjadi meliputi aliran informasi dari pelanggan, aliran bahan baku dari pemasok.
Tidak semua aliran sumber daya terjadi diantara perusahaan dan seluruh unsur lingkungannya. Sebagai contoh, mesin biasanya tidak mengalir dari perusahaan kepada pemegang saham, dan uang seharusnya tidak mengalir kepada pesaing. Satu-satunya sumber daya yang menghubungkan perusahaan dengan seluruh unsur adalah informasi dan perusahaan berusaha untuk menjadikan hubungan informasi dengan pesaing sebagai suatu aliran satu arah.



Mengelola aliran sumber daya fisik-manajemen rantai pasokan (supply chain management)
Jalur yang menfasilitasi aliran sumber daya fisik dari pemasok kepada perusahaan dan selanjutnya kepada pelanggan disebut sebagai rantai pasokan (supply chain).
Aliran sumber daya melalui rantai pasokan harus dikelola untuk memastikan bahwa aliran tersebut terjadi dengan cara yang tepat waktu dan efisien; proses ini disebut sebagai manajemen rantai pasokan (supply chain management).

Manajemen rantai pasokan terdiri atas aktivitas-aktivitas berikut ini :
·        Meramalkan permintaan pelanggan
·        Membuat jadwal produksi
·        Menyiapkan jaringan transportasi
·        Memesan persediaan pengganti dari para pemasok
·        Menerima persedian dari pemasok
·        Mengelola persedian-bahan mentah, barang dalam proses, dan barang jadi
·        Melakukan produksi
·        Melakukan transportasi sumber daya kepada pelanggan
·        Melacak aliran sumber daya dari pemasok, di dalam perusahaan, dan kepada pelanggan.

System elektronik
Seiring dengan mengalirnya sumber daya melalui rantai pasokan maka mereka akan dapat dilacak secara elektronis, langkah demi langkah. Seiring dengan bergeraknya sumber daya melalui rantai pasokan, setiap tindakan akan dicatat. Kemampuan untuk melacak aliran sumber daya seiring dengan terjadinya, akan memberikan kontrubusi pada manajemen rantai pasokan.



Manajemen rantai pasokan dan system perencanaan sumber daya usaha
Manajemen rantai pasokan hanya salah satu aspek dari system perencanaan sumber daya perusahaan, namun memainkan peranan yang sangat penting dalam operasi.

Keunggulan kompetitif
Seiring dengan perusahaan memenuhi kebutuhan produk dan jasa pelanggannya, perusahaan tersebut akan berusaha untuk mendapatkan keunggulan diatas para pesaingnya.
Keunggulan kompetitif adalah mengacu pada penggunaan informasi untuk mendapatkan pengungkitan (leverage) didalam pasar.

Rantai  nilai porter
Perusahaan menciptakan nilai dengan melakukan apa yyang disebut oleh porter sebagai aktivitas nilai (value activities). Aktivitas nilai terdiri atas dua jenis: utama dan pendukung. Aktivitas nilai utama  ditunjukan pada lapisan bagian bawah dan meliputi logistic input yang mendapatkan bahan baku an persedian dari pemasok, oprasi perusahaan yang mengubah bahan baku menjadi barang jadi, logistic output yang memindahkan barang kepada pelanggan.

Dimensi-dimensi keunggulan kompetitif
Keunggulan kompetitif dapat direalisasikan dalam hal mendapatkan keunggulan strategis, taktis, maupun oprasional. Pada tingkat menajerial yang tertinggi-tingkat perencanaan stategis-sistem informasi dapat digunakan untuk mengubah arah sebuah perusahaan dalam mendapatkan keunggulan strategisnya.



Keunggulan strategis
Keunggulannya adalah keunggulan yang memiliki dampak fundamental dalam membentuk oprasi perusahaan. System informasi dapat digunakan untuk menciptakan suatu keunggulan strategis.
Strategis ini dapat menyebabkan oprasi perusahaan akan dipengaruhi oleh beberapa cara secara fundamental. Yang petama akses yang ada saat ini bias jadi dilakukan melalui peranti lunak computer buatan perusahaan sendiri, sehingga perubahan tersebut akan menyebabkan perusahaan harus mempertimbangkan untuk membeli peranti lunak pelaporan standar dari vendor luar atau mempekerjakan perusahaan luar untuk merancang dan mengembangkan suatu system pelaporan baru.

Keunggulan taktis
Sebuah perusahaan mendapatkan keunggulan taktis ketika perusahaan tersebut mengimplementasikan strategi dengan cara yang lebih baik dari para pesaingnya.

Keunggulan oprasional
Keunggulan yang berhubungan dengan transaksi dan proses sehari-hari. Disini lah system informasi akan berinteraksi secara langsung dengan proses. Suatu situs web yang “meningkat” pelanggan dan preverensi mereka dari transaksi-transaksi masa lalu akan mencerminkan suatu keunggulan oprasional.

Keunggulan koordinasi
Banyak keuntngan yang diperoleh oleh EMC adalah karena memiliki kemampuan memproseskan informasi yang baik yang didasarkan pada kemampuannya dalam berkoordinasi. Keuntungan koordinasi antara lain meliputi :
·        Fleksibilitas dalam merespons pesaing diberbagai Negara dalam pasar
·        Kemampuan untuk merespons perubahan yang terjadi disuatu Negara pada suatu Negara lain- atau suatu wilayah dalam suatu Negara lain.
·        Kemampuan untuk menyamai kebutuhan pasar diselulruh dunia.
·        Kemampuan untuk berbagi pengetahuan antara runit dierbagai Negara.
·        Mengurangi biaya oprasi secara keseluruhan.
·        Peningkatan eviensi dan evektifitas dalam memenuhi kebutuhan pelanggan.
·        Kemampuan untuk meraih dan mempertahankan keragaman produk perusahaan dan juga bagaimana produk diproduksi fan didistribusikan.

Managemen pengetahun
Sumber daya informasi sbeuah perusahaan terdiri atas :
·        Peranti keras computer
·        Peranti lunak computer
·        Spesialis informasi
·        Pengguna
·        Fasilitas
·        Database
·        Informasi






Sumber : Raymond Mcleod





Tidak ada komentar:

Posting Komentar