Bab 3
Menggunakan Teknologi Informasi dalam
Menjalankan Perdagangan Elektronik (E-Commerce)
Perdagangan elektronik, yang disebut juga
e-commerce, adalah pengguna jaringan komunikasi dan computer untuk melaksanakan
proses bisnis. Perdagangan popular dari e-commerce adalah pengguna internet dan
computer dengan browser web untuk membeli dan menjual produk. Sebagian besar
e-commerce terjadi antar bisnis, dan bukan antara bisnis dengan konsumen.
Kalangan bisnis telah mempertukarkan data
secara elekttronik secara elektronik selama bertahun-tahun sebagai upaya untuk
membuat operasi berjalan dengan lebih efisien. Jalur komunikasi yang
dipergunakan seering kali disewa dari perusahaan telpon dan peranti keras
komunikasi khusus dipergunakan disetiap ujung jalur untuk memfasilitasi
perpindahan data antar computer-komputer bisnis.
Meskipun e-commerce ini dianggap sebagai
satu jenis perdagangan yang berbeda, tak berapa lama lagi iya hanya akan
menjadi sisi lain dari transaksi bisnis sehai-hari. Telpon yang ditemukan pada
tahun 1876, dapat memberikan kita satu perspektif.
Perdagangan
Elektronik
Bebarapa orang mendefinisikan perdagangan
elektronik (yang dissebut juga e-commerce) dengan sangat sempit. Definisi
sempit yang mereka berikan hanya meliputi transaksi-transaksi bisnis yang
berhubungan dengan pelanggan dan pemasok, yang menghubungkann computer mereka
dengan masing-masing melalui internet.
E-commerce
diluar batas perusahaan
Akan bermanfaat jika kita membedakan dua
jenis e-commerce yang terjadi dengan entitas diluar batas perusahaan.
E-commerce bisnis-ke-konsumen (business-to-konsumer-b2c) mengacu pada
transaksi-transaksi yang terjadi antara sebuah bisnis dan konsumen akhir
produk, e-commerce-bisnis-ke-bisnis mengacu pada transaksi antar bisnis diamana
tidak ada pihak yang menjadi konsumen akhir.
Transaksi B2B melibatkan jumlah orang yang
relative sedikit, biasanya mereka yang berada didalam kelompok layanan
informasi dari perusahaan yang terpengaruh. Satu transaksi antara sebuah
produsen dan distributor dapat menyangkut ribuan unit produk dan nilai jutaan
dolar.
Pemerintah juga semakin meningkat
partisipasinya dalam pemerintah elektronik. Layanan informasi memainkan peran
penting dalam mengubah hubungan perusahaan dengan lingkungannya. Dimasa lalu,
konsumen bukan merupakan perhatian utama dari layanan informasi namun konsumen
menjadi semakin penting artinya dan akan menjadi focus utama bagi sebagian
besar perusahaan dimasa mendatang. Seluruh antar muka transaksi dari konsumen
hingga pemasok hingga pemerintah dan pihak lainnya karena dampak dari
diterimanya e-commerce secara luas.
Manfaat-manfaat
yang diharapkan e-commerce
Perusahaan melaksanakan e-commerce untuk
dapat mencapai kebaikan organisasi secara keseluruhan. Perbaikan-perbaikan ini
diharapkan merupakan hasil dari tiga manfaat utama :
·
Perbaikan layanan pelanggan
sebelum, selama, dan setelah penjualan
·
Perbaikan hubungan dengan
pemasok dan komunitas keuangan
·
Peningkatan imbal hasil
ekonomis atas pemegang saham dan investasi pmilik
Manfaat-manfaat diatas akan memberikan
kontribusi pada stabilitas keuangan perusahaan dan memungkinnya bersaing dengan
lebih baik didalam dunia bisnis yang semakin luas menerapkan teknologi
computer.
Kendala-kendala
E-commerce
Pada survey tahun 1996, 60 persen
perusahaan yang memberikan respons menunjukan bahwa mereka belum
mengimplementasikan e-commerce dan tidak memiliki rencana untuk melakukannya
dalam waktu tiga tahun ke depan. Perusahaan yang telah mengimplementasikan
system menggunakannya terutama untuk melakukan transaksi dengan pemasok dan
pelanggan, dan proses-proses utama yang berhubungan dengan pesanan pembelian,
transfer pembayaran, dan faktur.
Ketika
ditanyakan mengenai alasan dari kehati-hatiannya, perusahaan menyebutkan ketiga
kendala dengan urutan sebagai berikut:
·
Biaya yang tinggi
·
kekhawatiran akan masalah keamanan.
·
Peranti lunak yang belum mapan atau belum tersedia.
Masing-masing kendala diatas akan semakin
tertantang seiring dengan semakin populernya teknologi dan system informasi.
Biaya sumber daya komputasi pada akhirnya akan menurun.
Keamanan adalah satu masalah bagi transaksi
B2B dan B2C. Perusahaan pada umumnya menggunakan jaringan telekomunikasi yang
aman yang dimonitor terus menerus untuk akses yang tidak terotorisasi.
Jaringan-jaringan ini telat terbukti sangat aman bagi perusahaan-perusahaan
besar. Perusahaan-perusahaan seperti verisign. Pelanggan akan memiliki
kemungkinan lebih besar menyebarkan informasi yang sensitive, seperti nomer
kartu kredit, dari tempat sampah dari pada dari informasi yang terkompromi dari
internet.
Strategi
e-commerce dan system interorganisasi
Masalah dalam menentukan strategi
e-commerce yang terbaik memiliki beberapa kemungkinan solusi. Namun strategi
yang paling sering disebut-sebut adalah strategi dimana unsur-unsur yang ada dikaitkan
dengan transmisi data elektronik.
System
interorganisasional
Kita telah mengetahui bagaimana perusahaan
dapat membuat hubungan elektronik dengan perusahaan lain untuk menciptakan
suatu system interorganisasional sehingga semua perusahaan bekerja bersama
sebagai suatu unit yang berkoordinasi, meraih manfaat yang tidak dapat diraih
sendiri oleh setiap perusahaan.
Manfaat IOSdengan bergabung dalam IOS, para
sekutu dagang dapat memproduksi barang dan jasa dengan tingkat efesiensi yang
lebih tinggi dan, selanjutnya, memberikan barang dan jasa dengan biaya
yang lebih rendah kepada para pelanggan.
Hal ini memberikan para sekutu didalam IOS keunggulan harga diatas para
pesaingnya.
Kekuatan
penawaran kemampuan sebuah perusahaan untuk
menyelesaikan perselisihan dengan para pemasok dan pelanggannya demi
keuntungannya perusahaan itu sendiri disebut kekuatan penawaran. Kekuatan ini
diambil dari tiga area dasar dengan menawarkan fitur-fitur produk yang unit,
dengan mengurangi biaya-biaya yang berhubungan dengan penelitian, serta dengan
meningkat biaya perpindahan.
Penambahan , persediaan oleh vendo adalah
satu jenis IOS khusus dimana pelanggan memberikan cukup kepercayaan bagi
pemasok untuk mengizinkannya mengakses system
persedian berbasis computer yang dimilikinya. Pemasok dapat memulai
proses penambahan dengan secara elektronik memonitor tingkat perusahaan
persediaan perusahaan.
Ekstranet
Ekstranet adalah cara lain dari membuat
IOS. Cara ini memungkinkan dibaginya informasi berbasis computer yang sensitive
dengan perusahaan lain dengan menggunakan teknologi informasi yang pada umumnya
dihubungkan dengan internet.
Manfaat-manfaat
tidak langsung IOS
Beberapa manfaat dari system
interorganisional seperti EDI dan ekstranet didorong secara langsung dari teknologi.
Ini merupakan manfaat langsung dari berkurangnya kesalahan entri data, biaya
yang lebih rendah, dan meningkatnya efisiensi oprasional. Manfaa tidak langsung
meliputi meningkatnya kemampuan untuk bersaing, perbaikan hubungan dengan
sekutu dagang, dan layanan pelanggan yang lebih baik.
STRATEGI
B2C UNTUK E-COMMERCE
Nilai uang e-commerce B2C mebuat nilai uang
e-commerce B2C terlihat begitu kecil. Hanya sekitar 6 persen dari nilai
e-commerce dihasilkan oleh B2C. Jadi, mengapa memahami strategi bisnis untuk
e-commerce B2C menjadi begitu penting?
Dua alasan adalah semakin banyaknya jumlah
produk dan jasa yang tersedia untuk pengiriman digital dan semakin banyaknya
pelanggan yang mampu mengatasi keengganan mereka untuk melakukan pembelian
menggunakan web. Kecepatan komunikasi yang lebih cepat bagi computer-komputer
rumahan juga telah membuat pengiriman produk-produk digital menjadi lebih
praktis.
Produk-produk
Digital
Bebrapa produk dan jasa tertentu dapat
dikirimkan kepada pelanggan melalui internet. Dunia hiburan telah menjadi salah
satu produk awal yang mengambil manfaat dari internet. Program-program computer
dan peningkatanny, seperti peranti lunak antivirus, sering kali dijual
menggunakan web sehinggga pelanggan akan mendapatkan versi yang paling akhir.
Jasa-jasa juga dapat dikirimkan melalui internet.
Produk-produk
fisik
Barang-barang fisik tidak dapat dikomsumsi
melalui web, sebagai gantinya harus dikirimkan kepelanggan.
Perusahaan-perusahaan yang disebut perusahan “katalog” telah menghadapi masalah
ini selama bertahun-tahun. Pesanan penjualan dapat diambil alih oleh web, tapi
pengiriman tetap harus tetap dilakukan.
Perusahaan menggunakan internet dalam
banyak hal. Ekstranet memiliki arti penting karena memungkin para pengguna yang
dipercaya diluar batas organisasi untuk mengakses program dan data pada
jaringan organisasi. Aplikasi yang lainnya disebut internet, yang terdiri atas
trasmisi-trasmisi didalam perusahaan. Internet menggunakan jaringan didalam
perusahaan dan peranti lunak browser yang terkait dengan dengan web tetapi
dengan keamanan yang hanya memperkenankan akses bagi para pengguna di dalam
jaringan organisasi.
DAMPAK
INTERNET PADA BISNIS DIMASA MENDATANG
Para pengguna internet adalah satu kelompok
yang beragam. Banyak masih berusia muda, namun yang berusia lebih tua (dengan
lebih banyak penghasilan untuk dibelanjakan) memiliki dampak yang substansial
pada ramalan ekonomi e-commerce. Bahkan ketika uang tidak langsung dibelanjakan
secara langsung secara online, konsumen sering kali menggunakan web untuk
melakukan penelitian atas pembelian mereka sebelum pergi ke toko. Sekitar satu
atau lima orang yang meneliti suatu produk di web melakukan pe,belian online,
sedangkan empat yang lain pergi ketoko untuk melakukan pembelian.
E-commerce sedang mengalami perkembangan
baik itu di Amerika Serikat maupun diseluruh dunia. Amerika Serikat telah
melihat tingkat pertumbuhan tahunan e-commerce yang substansial sebesar hampir
15 persen selama lima tahun terakhir.
Sumber : Raymond Mcleod
Tidak ada komentar:
Posting Komentar