Minggu, 11 November 2012

Rangkuman Bab 3


Bab 3
Menggunakan Teknologi Informasi dalam Menjalankan Perdagangan Elektronik (E-Commerce)

Perdagangan elektronik, yang disebut juga e-commerce, adalah pengguna jaringan komunikasi dan computer untuk melaksanakan proses bisnis. Perdagangan popular dari e-commerce adalah pengguna internet dan computer dengan browser web untuk membeli dan menjual produk. Sebagian besar e-commerce terjadi antar bisnis, dan bukan antara bisnis dengan konsumen.
Kalangan bisnis telah mempertukarkan data secara elekttronik secara elektronik selama bertahun-tahun sebagai upaya untuk membuat operasi berjalan dengan lebih efisien. Jalur komunikasi yang dipergunakan seering kali disewa dari perusahaan telpon dan peranti keras komunikasi khusus dipergunakan disetiap ujung jalur untuk memfasilitasi perpindahan data antar computer-komputer bisnis.
Meskipun e-commerce ini dianggap sebagai satu jenis perdagangan yang berbeda, tak berapa lama lagi iya hanya akan menjadi sisi lain dari transaksi bisnis sehai-hari. Telpon yang ditemukan pada tahun 1876, dapat memberikan kita satu perspektif.

Perdagangan Elektronik
Bebarapa orang mendefinisikan perdagangan elektronik (yang dissebut juga e-commerce) dengan sangat sempit. Definisi sempit yang mereka berikan hanya meliputi transaksi-transaksi bisnis yang berhubungan dengan pelanggan dan pemasok, yang menghubungkann computer mereka dengan masing-masing melalui internet.

E-commerce diluar batas perusahaan
Akan bermanfaat jika kita membedakan dua jenis e-commerce yang terjadi dengan entitas diluar batas perusahaan. E-commerce bisnis-ke-konsumen (business-to-konsumer-b2c) mengacu pada transaksi-transaksi yang terjadi antara sebuah bisnis dan konsumen akhir produk, e-commerce-bisnis-ke-bisnis mengacu pada transaksi antar bisnis diamana tidak ada pihak yang menjadi konsumen akhir.
Transaksi B2B melibatkan jumlah orang yang relative sedikit, biasanya mereka yang berada didalam kelompok layanan informasi dari perusahaan yang terpengaruh. Satu transaksi antara sebuah produsen dan distributor dapat menyangkut ribuan unit produk dan nilai jutaan dolar.
Pemerintah juga semakin meningkat partisipasinya dalam pemerintah elektronik. Layanan informasi memainkan peran penting dalam mengubah hubungan perusahaan dengan lingkungannya. Dimasa lalu, konsumen bukan merupakan perhatian utama dari layanan informasi namun konsumen menjadi semakin penting artinya dan akan menjadi focus utama bagi sebagian besar perusahaan dimasa mendatang. Seluruh antar muka transaksi dari konsumen hingga pemasok hingga pemerintah dan pihak lainnya karena dampak dari diterimanya e-commerce secara luas.

Manfaat-manfaat yang diharapkan e-commerce
Perusahaan melaksanakan e-commerce untuk dapat mencapai kebaikan organisasi secara keseluruhan. Perbaikan-perbaikan ini diharapkan merupakan hasil dari tiga manfaat utama :
·         Perbaikan layanan pelanggan sebelum, selama, dan setelah penjualan
·         Perbaikan hubungan dengan pemasok dan komunitas keuangan
·         Peningkatan imbal hasil ekonomis atas pemegang saham dan investasi pmilik
Manfaat-manfaat diatas akan memberikan kontribusi pada stabilitas keuangan perusahaan dan memungkinnya bersaing dengan lebih baik didalam dunia bisnis yang semakin luas menerapkan teknologi computer.

Kendala-kendala E-commerce
Pada survey tahun 1996, 60 persen perusahaan yang memberikan respons menunjukan bahwa mereka belum mengimplementasikan e-commerce dan tidak memiliki rencana untuk melakukannya dalam waktu tiga tahun ke depan. Perusahaan yang telah mengimplementasikan system menggunakannya terutama untuk melakukan transaksi dengan pemasok dan pelanggan, dan proses-proses utama yang berhubungan dengan pesanan pembelian, transfer pembayaran, dan faktur.
                Ketika ditanyakan mengenai alasan dari kehati-hatiannya, perusahaan menyebutkan ketiga kendala dengan urutan sebagai berikut:
               
·         Biaya yang tinggi
·          kekhawatiran akan masalah keamanan.
·         Peranti lunak yang belum  mapan atau belum tersedia.
Masing-masing kendala diatas akan semakin tertantang seiring dengan semakin populernya teknologi dan system informasi. Biaya sumber daya komputasi pada akhirnya akan menurun.
Keamanan adalah satu masalah bagi transaksi B2B dan B2C. Perusahaan pada umumnya menggunakan jaringan telekomunikasi yang aman yang dimonitor terus menerus untuk akses yang tidak terotorisasi. Jaringan-jaringan ini telat terbukti sangat aman bagi perusahaan-perusahaan besar. Perusahaan-perusahaan seperti verisign. Pelanggan akan memiliki kemungkinan lebih besar menyebarkan informasi yang sensitive, seperti nomer kartu kredit, dari tempat sampah dari pada dari informasi yang terkompromi dari internet.

Strategi e-commerce dan system interorganisasi
Masalah dalam menentukan strategi e-commerce yang terbaik memiliki beberapa kemungkinan solusi. Namun strategi yang paling sering disebut-sebut adalah strategi dimana unsur-unsur yang ada dikaitkan dengan transmisi data elektronik.

System interorganisasional
Kita telah mengetahui bagaimana perusahaan dapat membuat hubungan elektronik dengan perusahaan lain untuk menciptakan suatu system interorganisasional sehingga semua perusahaan bekerja bersama sebagai suatu unit yang berkoordinasi, meraih manfaat yang tidak dapat diraih sendiri oleh setiap perusahaan.

Manfaat IOSdengan bergabung dalam IOS, para sekutu dagang dapat memproduksi barang dan jasa dengan tingkat efesiensi yang lebih tinggi dan, selanjutnya, memberikan barang dan jasa dengan biaya yang  lebih rendah kepada para pelanggan. Hal ini memberikan para sekutu didalam IOS keunggulan harga diatas para pesaingnya.
Kekuatan penawaran kemampuan sebuah perusahaan untuk menyelesaikan perselisihan dengan para pemasok dan pelanggannya demi keuntungannya perusahaan itu sendiri disebut kekuatan penawaran. Kekuatan ini diambil dari tiga area dasar dengan menawarkan fitur-fitur produk yang unit, dengan mengurangi biaya-biaya yang berhubungan dengan penelitian, serta dengan meningkat biaya perpindahan.
Penambahan , persediaan oleh vendo adalah satu jenis IOS khusus dimana pelanggan memberikan cukup kepercayaan bagi pemasok untuk mengizinkannya mengakses system  persedian berbasis computer yang dimilikinya. Pemasok dapat memulai proses penambahan dengan secara elektronik memonitor tingkat perusahaan persediaan perusahaan.




Ekstranet
Ekstranet adalah cara lain dari membuat IOS. Cara ini memungkinkan dibaginya informasi berbasis computer yang sensitive dengan perusahaan lain dengan menggunakan teknologi informasi yang pada umumnya dihubungkan dengan internet.

Manfaat-manfaat tidak langsung  IOS
Beberapa manfaat dari system interorganisional seperti EDI dan ekstranet didorong secara langsung dari teknologi. Ini merupakan manfaat langsung dari berkurangnya kesalahan entri data, biaya yang lebih rendah, dan meningkatnya efisiensi oprasional. Manfaa tidak langsung meliputi meningkatnya kemampuan untuk bersaing, perbaikan hubungan dengan sekutu dagang, dan layanan pelanggan yang lebih baik.

STRATEGI B2C UNTUK E-COMMERCE
Nilai uang e-commerce B2C mebuat nilai uang e-commerce B2C terlihat begitu kecil. Hanya sekitar 6 persen dari nilai e-commerce dihasilkan oleh B2C. Jadi, mengapa memahami strategi bisnis untuk e-commerce B2C menjadi begitu penting?
Dua alasan adalah semakin banyaknya jumlah produk dan jasa yang tersedia untuk pengiriman digital dan semakin banyaknya pelanggan yang mampu mengatasi keengganan mereka untuk melakukan pembelian menggunakan web. Kecepatan komunikasi yang lebih cepat bagi computer-komputer rumahan juga telah membuat pengiriman produk-produk digital menjadi lebih praktis.

Produk-produk Digital
Bebrapa produk dan jasa tertentu dapat dikirimkan kepada pelanggan melalui internet. Dunia hiburan telah menjadi salah satu produk awal yang mengambil manfaat dari internet. Program-program computer dan peningkatanny, seperti peranti lunak antivirus, sering kali dijual menggunakan web sehinggga pelanggan akan mendapatkan versi yang paling akhir. Jasa-jasa juga dapat dikirimkan melalui internet.
Produk-produk fisik
Barang-barang fisik tidak dapat dikomsumsi melalui web, sebagai gantinya harus dikirimkan kepelanggan. Perusahaan-perusahaan yang disebut perusahan “katalog” telah menghadapi masalah ini selama bertahun-tahun. Pesanan penjualan dapat diambil alih oleh web, tapi pengiriman tetap harus tetap dilakukan.  

Perusahaan menggunakan internet dalam banyak hal. Ekstranet memiliki arti penting karena memungkin para pengguna yang dipercaya diluar batas organisasi untuk mengakses program dan data pada jaringan organisasi. Aplikasi yang lainnya disebut internet, yang terdiri atas trasmisi-trasmisi didalam perusahaan. Internet menggunakan jaringan didalam perusahaan dan peranti lunak browser yang terkait dengan dengan web tetapi dengan keamanan yang hanya memperkenankan akses bagi para pengguna di dalam jaringan organisasi.

DAMPAK INTERNET PADA BISNIS DIMASA MENDATANG
Para pengguna internet adalah satu kelompok yang beragam. Banyak masih berusia muda, namun yang berusia lebih tua (dengan lebih banyak penghasilan untuk dibelanjakan) memiliki dampak yang substansial pada ramalan ekonomi e-commerce. Bahkan ketika uang tidak langsung dibelanjakan secara langsung secara online, konsumen sering kali menggunakan web untuk melakukan penelitian atas pembelian mereka sebelum pergi ke toko. Sekitar satu atau lima orang yang meneliti suatu produk di web melakukan pe,belian online, sedangkan empat yang lain pergi ketoko untuk melakukan pembelian.
E-commerce sedang mengalami perkembangan baik itu di Amerika Serikat maupun diseluruh dunia. Amerika Serikat telah melihat tingkat pertumbuhan tahunan e-commerce yang substansial sebesar hampir 15 persen selama lima tahun terakhir.

Sumber : Raymond Mcleod

Tidak ada komentar:

Posting Komentar